kumparan
11 Sep 2019 13:08 WIB

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Asahan, Sumut

Petugas gabungan saat membersihkan pohon yang menimpa rumah warga. Foto: Dok. Istimewa
Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Asahan Sumut, pada Selasa (10/9) malam. Akibatnya, sejumlah rumah rusak tertimpa pohon yang tumbang.
ADVERTISEMENT
PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan, John Hardi Nasution, mengungkapkan ada tiga kecamatan yang terdampak. Antara lain adalah sebagian wilayah Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kecamatan Buntu Pane dan Kecamatan Setia Janji.
"Hujan deras disertai angin kencang dan puting beliung melanda sebagian wilayah itu," ujar John Hardi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/9).
Dari tiga kecamatan yang terdampak, paling parah berada di Kecamatan Buntu Pane, tepatnya di Desa Ambulatu. Di sana, ada 6 rumah rusak dan satu tower repeater tumbang.
"Sementara di Desa Prapat Janji, satu rumah rusak berat dan aliran listrik di Desa Sionggang terputus gara-gara tiang listrik roboh di empat lokasi. Pohon tumbang juga terpantau di 14 titik di sana," ungkap John Hardi.
ADVERTISEMENT
Karena peristiwa itu, petugas langsung turun tangan mengevakuasi rumah yang tumbang. Evakuasi berlangsung hingga Rabu (11/9) pukul 05.05 WIB.
"Beberapa warga telah kami evakuasi. Pohon tumbang juga sudah kami bersihkan," ujar John Hardi
Beruntung tidak ada korban dalam musibah itu. BPBD Asahan menaksir kerugian akibat bencana itu mencapai Rp 58 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan