Pencarian populer

Anies Cek Kondisi Kali Item yang Sempat Dipenuhi Busa

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau kondisi Kali Item, Jakarta. (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Item di Kemayoran, Jakarta, Rabu, (2/1). Beberapa hari ini Kali Item kembali menjadi sorotan karena munculnya busa yang cukup tebal.

Anies berangkat ke Kali Item dari Balai Kota dan tiba di lokasi pukul 15.50 WIB dengan mengenakan pakaian dinas. Anies langsung disambut oleh Sekda DKI Jakarta Saefullah. Sesampainya di lokasi, Anies lalu menanyakan lokasi pompa kepada petugas.

“Di mana pompanya?” tanya Anies, Rabu, (2/1).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau kondisi Kali Item, Jakarta. (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Dalam kesempatan ini, Anies rencananya sekaligus meninjau mesin pompa di Kali Item. Turut hadir adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Henderawan, dan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara. Saat ini Anies masih berada di Kali Item.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji belum bisa membeberkan secara detail apa saja yang menyebabkan tercemarnya Kali Item. Isnawa menduga buangan limbah detergen menjadi salah satu penyebab munculnya busa di Kali Item.

Warga melihat kumpulan busa yang memenuhi Kali Item di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Selasa (1/1/2019). (Foto: Antara/Galih Pradipta)

“Kita tahu bahwa di Indonesia penggunaan detergen dengan jenis hard detergen menghasilkan efek buih dan busa. Detergen bila bercampur dengan air akan menghasilkan busa dan buih yang banyak,” ujar Isnawa.

Kali Item sempat menuai polemik ketika ajang Asian Games berlangsung. Sebab, Wisma Atlet yang tepat berada dekat Kali Item terkena imbas bau tak sedap. Kali Item kemudian ditutupi jaring hitam dan akhirnya dilepas kembali oleh petugas Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta usai gelaran Asian Games.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35