Pencarian populer
Politik

Anies di Perayaan Natal DKI: Tak Ada Minoritas dan Mayoritas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat di Balai Kota. (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap perayaan Natal yang digelar Pemprov DKI bisa menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat Jakarta. Selain itu, menurut Anies, perayaan ini menjadi bukti bahwa Jakarta bukan hanya milik sekelompok orang saja, tetapi seluruh kalangan masyarakat.

"Sesungguhnya Indonesia pun demikian, republik ini tidak didirikan untuk melindungi minoritas, tidak didirikan untuk melindungi mayoritas, tetapi didirikan untuk melindungi setiap anak bangsa," kata Anies di Ancol, Jakarta, Jumat (11/1).

Anies menyebut, saat persiapan kemerdekaan dulu, tidak ada yang menggunakan istilah mayoritas atau minoritas. Sebab, menurutnya, para pendiri bangsa berusaha menjaga keterwakilan dari seluruh golongan untuk mengindari perpecahan saat itu.

"Kita berharap momentum ini menjadi kesempatan di Jakarta menunjukkan ke Indonesia dan dunia, apalagi bulan-bulan ke depan, karena kita memasuki periode siklus lima tahunan, tunjukkan saudara kita di seluruh dunia bahwa di Jakarta ada kedewasaan, kematangan, persatuan," ujarnya.

Suasana perayaan natal yang digelar oleh Pemprov DKI di Ancol. (Foto: Moh Fajri/kumparan)

Lebih lanjut, Anies meminta momen perayaan Natal ini bisa mengingatkan masyarakat untuk hidup dalam kesederhanaan yang sudah mulai dilupakan. Selain itu, ia juga mengapreasiasi seluruh pihak yang membantu penyelenggaraan perayaan Natal tersebut, khususnya para pimpinan gereja di Jakarta.

"Mereka membantu masyarakat seperti sebuah jembatan. Menjadi jembatan bukan hal yang mudah, jembatan tempat dilewati, tempat diinjak, tempat menopang. Semoga Tuhan memberikan berkatnya bagi kita yang menjadi jembatan," tutur Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyinggung bencana yang belakangan ini kerap terjadi di Indonesia. Ia menganggap, bencana merupakan salah satu cobaan dari Tuhan yang harus dihadapi dan bisa membuat persatuan bangsa Indonesia menjadi semakin terjaga.

“Tuhan menguji kita, memberikan cobaan yang tak ringan, bencana alam terjadi tapi kami percaya Tuhan tak akan memberikan beban yang kita tak mampu mangangkatnya. Karena itu kami percaya cobaan ini membuat solidaritas, soliditas semakin tumbuh berkembang,” tutur Anies.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: