kumparan
31 Mei 2018 12:00 WIB

Anies Hadiri Acara Pemberian Zakat, Infak, dan Sedekah di JCC

Anies dan Rhoma Irama di JCC (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Peduli Umat 1439 H/2018 M dalam rangka penerimaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) serta amal sosial para pengusaha, BUMD dan pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta Convention Center, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Anies tiba di lokasi acara dengan mengenakan kemeja batik dilengkapi peci hitam. Anies datang bersamaan dengan Rhoma Irama yang mengenakan pakaian serba putih dan langsung duduk di kursi barisan depan. Kehadiran Rhoma di sana untuk menjadi penceramah.
Kedatangan Anies dan Rhoma disambut tepuk tangan para masyarakat yang lebih dulu hadir di lokasi. Acara kemudian dimulai dengan tarian Selamat Datang. Setelah disuguhkan tari-tarian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Quran.
Dalam ceramahnya, Rhoma mengingatkan pentingnya berbagi rezeki kepada orang yang membutuhkan, karena rezeki merupakan titipan dari Tuhan. Rhoma juga meminta masyarakat yang kurang mampu untuk selalu bersabar.
"Mampukah si miskin menjalani penderitaan? Berimankah dia di dalam kekurangan? Mampukah si kaya mengendalikan hawa nafsunya? Berimankah dia di dalam kelebihan?" kata Rhoma sembari menyanyikan lagunya yang berjudul 'Taqwa', Kamis (31/5).
ADVERTISEMENT
Di sela-sela ceramahnya, Rhoma menyanyikan lagu 'Yatim Piatu'. Sebelum menyanyi, Rhoma meminta peserta yang hadir untuk menyahutnya dengan kata ‘Amin Allahumma Amin’.
“Yatim piatu, malang nasibmu, semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmatnya padamu,” ujar Rhoma sembari menyanyikan lagu itu.
Pada kesempatan itu, Ketua Bazis DKI Zahrul Wildan mengungkapkan, penerimaan ZIS dan amal sosial di Jakarta setiap tahunnya semakin naik. Untuk itu, Zahrul berharap agar penerimaan ZIS dan amal sosial tahun ini meningkat.
“Pada tahun 2016 mengumpulkan Rp 154 milyar dan tahun 2017 lalu dapat mengumpulkan ZIS dan amal sosial sebesar Rp 192 miliar,” ungkap Zahrul.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah terkait acara zakat yang diberikan langsung oleh Anies. Dalam kesempatan ini pula, akan dilakukan penyerahan pendayagunaan hasil ZIS kepada para mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat.
ADVERTISEMENT
Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Sekda DKI Jakarta Saefullah, Ketua MUI Jakarta Syafrudin Abdul Gani, Ketua Bazis DKI Zahrul Wildan, dan Dirut Dompet Dhuafa Imam Mulyawan serta pimpinan perusahaan di DKI Jakarta.
Tahun ini ada sekitar 4.000 orang yang akan menerima zakat dalam beberapa bantuan, yaitu bantuan biaya penunjang pendidikan sebanyak 310 orang, yatim dan dhuafa 1.086 orang, guru bantu 2.438 orang, petugas masjid 165 orang, dan bedah 1 rumah dhuafa. Total dana yang akan disalurkan tahun ini sebesar Rp 4.016.500.000 empat milyar enam belas juta lima ratus ribu rupiah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan