kumparan
28 Mar 2019 11:19 WIB

Anies Ingin Wagub DKI Diputuskan Sebelum Pemilu: 3 Minggu Lagi, Nih

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Proses pemilihan wakil gubernur DKI tinggal menanti keputusan DPRD untuk memilih antara Ahmad Syaikhu atau Agung Yulianto. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembahasan dapat diselesaikan lebih cepat.
ADVERTISEMENT
"Kita berharap pembahasan lebih cepat sehingga pertanyaan di masyarakat terjawab. Dari sisi kegiatan sehari-hari sudah berjalan lebih dari berapa nih 8 bulan, dan memang terutama kegiatan yang perlu diwakili sekarang sulit melakukan," kata Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jalan Penggilingan, Kamis (28/3).
Ia menuturkan, dirinya tak merasa kerepotan dengan tugas-tugas pemerintahan daerah. Meski begitu, Anies mengeluhkan undangan di beberapa acara kenegaraan dan undangan masyarakat yang tak dapat dipenuhi karena kosongnya posisi wagub.
"Pekerjaan dalam artian pemerintahan tidak repot, tapi kegiatan undangan itu yang repot karena undangan tidak bisa diwakili. Kalau misalnya ada rapat di level kementerian, maka kalau dulu bisa saya bisa wakil, sekarang kesulitan karena kalau yang datang bukan wakil, protokol enggak bisa dapat kursi depan," ujarnya.
Halaman Balai Kota Jakarta Foto: Nadia Riso/kumparan
"Warga undangan juga, dulu kalau yang datang wagub atau gubernur mereka anggap sama. Tapi kalau sekarang ya gubernurnya enggak datang, padahal badannya cuma satu," imbuh Anies.
ADVERTISEMENT
Anies berharap proses pembahasan wagub pengganti Sandiaga Uno tidak melewati jadwal Pemilu 2019.
"Kita doakan mudah-mudahan cepet selesai. Sudah 3 minggu lagi nih (pemilu)," tutup dia.
Sebelumnya, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI, Muhammad Yuliadi mengatakan proses penentuan wagub di DPRD sedang menanti usulan seluruh fraksi melalui panitia khusus (pansus). Setip fraksi akan menunjukkan anggota untuk menjadi panitia seleksi (pansel)
"Lagi mau dibentuk pansus. Kan belum (selesai) lagi usulan. Kita lagi nunggu usulan dari masing-masing fraksi beserta anggotanya. Nunggu usulan masing-masing fraksi untuk menunjuk sebagai pansel. Sebagai anggota pansel," kata Yuliadi, Rabu (27/3).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan