kumparan
30 Mei 2019 20:17 WIB

Anies Minta Warga Cek Kesehatan Sebelum Mudik: Puskesmas Siap Bantu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) dan Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy (kiri) melepas pemudik di Monas. Foto: Moh Fajri/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat agar bersiap saat mudik lebaran. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan.
ADVERTISEMENT
“Bagi yang bersiap jalan. Pastikan periksa kesehatan. Semua fasilitas kesehatan kami di puskesmas siap untuk membantu,” kata Anies di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Kamis, (30/5).
Anies tidak ingin main-main mengenai kesehatan para pemudik. Ia mencontohkan saat program mudik bersama Pemprov DKI, ada sopir yang mulanya siap berangkat harus batal karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.
“Ada lima pengemudi (mudik bersama) yang di dalam pemeriksaannya, angka tekanan darahnya di atas 180 dan mereka tidak layak lagi untuk menyetir. Karena kurang tidur, tidak fit, akhirnya mereka dilarang untuk menyetir,” ujar Anies.
“Sementara ketika mereka datang, rasanya seperti sehat-sehat saja. Padahal sebetulnya tidak layak untuk mengemudi,” tambahnya.
Antrian kendaraan pemudik di ruas jalan Limbangan. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies menegaskan Pemprov DKI siap membantu masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan saat mudik.
ADVERTISEMENT
“Jadi saya mengimbau kepada semua, datanglah ke fasilitas kesehatan kita, semuanya gratis. Lebih baik periksa kesehatan dan tahu sehat. Kalau ada masalah, akan mendapatkan obat. Sehingga perjalanan pulang mudik itu aman dan selamat,” pinta Anies.
Selain itu, Anies juga berpesan agar para pemudik memastikan kondisi rumahnya aman. Salah satunya dengan memperhatikan aliran listrik.
“Pastikan kondisi rumah dalam kondisi yang aman. Semua kabel listrik dipastikan tidak ada yang tersambungkan. Dan pastikan kompor gas semuanya itu mati,” pungkas Anies.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan