kumparan
7 Des 2017 19:19 WIB

Apa yang Membuat Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi Raih Bung Hatta Awards?

Dirjen Beacukai Heru Pambudi. (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Selain Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, tahun ini Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) juga memberikan penghargaan kepada Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi (47). Heru dinilai sebagai sosok yang berhasil melakukan inovasi dalam sektor pelayanan publik dan birokrasi pemerintah.
ADVERTISEMENT
Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award ini diberikan setiap tahun kepada 2 orang terpilih. Mereka dinilai oleh sejumlah dewan juri independen.
Anggota Dewan Juri BHACA Betti Alisjahbana mengatakan, Heru dinilai mampu memimpin reformasi kepabeanan dan cukai demi mencapai pelayanan yang lebih cepat, bagus, dan transparan. Heru yang dilantik sebagai Dirjen Bea Cukai pada 1 Juli 2015 lalu berhasil membuat sejumlah inovasi perpajakan.
Berbagai program terobosan yang dibuat Heru dan jajarannya seperti Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC), Penertiban Importir Berisiko Tinggi (PBIT), progres Pusat Logistik Berikat (PLB), dan e-commerce.
Heru dan jajarannya mendapat dukungan dari sejumlah instansi penegak hukum sejak deklarasi bersama pada 12 Juli 2017. Bea Cukai juga membangun pola komunikasi yang konstruktif dengan berbagai asosiasi dan para pelaku usaha.
ADVERTISEMENT
Bung Hatta anti-corruption award (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Bea Cukai juga menjalin program sinergi dengan Ditjen Pajak yang meliputi joint analysis dan audit, intensifikasi dan ekstensifikasi, dan integrasi proses bisnis. Dari kerja sama ini, sebanyak 674 pengguna jasa telah dilakukan peemblokiran.
Setelah deklarasi Juli 2017 itu dari aspek fiskal terjadi peningkatan tax-based sekitar 56 persen, dan dari aspek-aspek yang lebih makro terjadi pertumbuhan industri kecil dan menengah dalam negeri sekitar 30 persen.
Bea Cukai dan Kepabeanan juga membentuk single identity and business profile dengan menyatukan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sehingga mempercepat pelayanan kepabeanan dan cukai. Single identity ini diharapkan dapat membentuk single business profile dan dimanfaatkan oleh kementerian atau lembaga lain untuk melakukan registrasi data.
ADVERTISEMENT
Malam Anugerah BHACA 2017 akan diselenggarakan pada Kamis, (14/12) di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jl. Sudirman kav. 58, Jakarta Selatan. Dalam acara itu, Nurdin dan Heru akan memberikan pidato.
Sebagai penghormatan terhadap Mohammad Hatta, perwakilan dari keluarga Bung Hatta akan menyerahkan plakat anugerah BHACA 2017 kepada Nurdin Abdullah dan Heru Pambudi di acara tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan