Pencarian populer

ayojagatps.com yang Dipercaya Sandi Unggulkan Sementara Prabowo 62,9%

Ilustrasi quick count Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Cawapres 02 Sandiaga Uno mengungkapkan keyakinannya terhadap penghitungan cepat berdasarkan C1 yang dirilis website ayojagatps.com. Website itu mengumpulkan C1 seperti dilakukan beberapa lembaga lain, termasuk yang dilakukan KPU lewat Sistem Informasi Penghitungan (Situng).

Namun, data yang masuk ke ayojagatps.com sangat minim dan lambat jauh dibanding pengumpulan C1 oleh KPU yang terstruktur. Data ayojagatps.com baru mengumpulkan 36.233 TPS dengan suara 7.414.564 suara. Di Situng KPU, tercatat sudah 45 juta suara atau 241.715 TPS dari 813.350 TPS yang sudah masuk.

Menariknya, ternyata di situs yang jadi pegangan Sandi tersebut, hasil sementara menunjukkan paslon 02 Prabowo-Sandi unggul dengan mengantongi 62,90 persen suara. Sedangkan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 37,10 persen suara.

Hasil rekap suara di ayojagatps.com. Foto: ayojagatps.com

Angka 62 persen mengingatkan pada klaim kemenangan yang diumumkan Prabowo Subianto dalam pidatonya di Kertanegara usai pemungutan suara pada 17 April. Meski tak serta merta bisa disebut data Prabowo berasal dari jagatps.com.

ayojagatps.com juga tersedia dalam aplikasi, namun pengguna smartphone harus register lebih dulu dengan mengisi NIK KTP, nomor HP, dan email. Untuk mendorong upload C1, tim ayojagatps.com bahkan menyediakan hadiah smartphone bagi relawan.

Sandi sebelumnya menyebut memantau pergerakan suara dari situs ayojagatps.com. Sandi menyebut tim Prabowo - Sandi tak terkonsolidasi dalam penghitungan suara pilpres. Pihaknya melakukan penghitungan di tempat mereka masing-masing.

"Kalau kita menjaganya melalui aplikasi ayojagatps," kata Sandi di media center Prabowo - Sandi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (24/4).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23