Pencarian populer

Bamsoet soal Aksi 22 Mei: Utamakan Keutuhan Bangsa

com-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Foto: Dok. DPR RI

Ketua DPR Bambang Soesatyo berkomentar terkait aksi rusuh yang terjadi dini hari hingga pagi tadi. Bamsoet mengimbau kepada massa yang melakukan aksi di depan Bawaslu dan KPU untuk tetap tertib dan damai.

"Saya juga menghimbau kepada massa yang melakukan demo di KPU dan Bawaslu untuk tetap tertib dan damai. Hindari perilaku anarkisme yang hanya akan merugikan diri sendiri dan masyarakat. Kita tentu tidak ingin melihat terjadinya konflik horizontal akibat ketidaksepahaman dalam menyikapi hasil pemilu," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Bamsoet mempersilakan mereka untuk menyatakan pendapat mereka. Asalkan disampaikan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Ia juga meminta mereka untuk waspada terhadap pihak lain yang ingin menyusup untuk menciptakan kerusuhan.

"Silakan mengemukakan pendapat dan unjuk rasa selama masih dalam koridor hukum dan undang-undang. Saya mengingatkan kembali kepada para pengunjuk rasa agar mewaspadai adanya penumpang gelap atau penyusup yang akan memanfaatkan situasi unjuk rasa untuk menciptakan ‘martir’," tuturnya.

"Mari kita utamakan kepentingan yang lebih besar, yakni keutuhan bangsa. Tak perlu lagi ada berbagai agitasi maupun propaganda yang menghasut permusuhan di antara rakyat. Para elite politik maupun para tokoh bangsa harus mampu menjaga suasana teduh, jangan malah menambah keruh suasana," ujarnya lagi.

Bamsoet juga mengapresiasi langkah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengajukan gugatan ke MK terkait hasil rekapitulasi Pilpres 2019. Menurutnya, Prabowo telah menunjukkan sikap kenegarawan.

"Saya memberikan apresiasi kepada sikap kenegarawanan Bapak Prabowo yang telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan menghimbau para pendukungnya agar tetap tenang dan menempuh jalur konstitusi," imbuhnya.

Bamsoet juga menyampaikan apresiasinya atas sikap yang diambil Partai Demokrat dan PAN dalam menyikapi hasil rekapitulasi Pilpres 2019. Menurutnya, sikap yang diambil oleh kedua partai itu menunjukkan sikap kenegarawan yang baik.

"Begitu juga saya menyampaikan rasa hormat kepada sikap kenegarawanan Ketua Umum PAN dan Ketua Umum Partai Demokrat yang secara terang menyampaikan menerima keputusan hasil akhir rekapitulasi Pemilu oleh KPU. Dan menegaskan, jika ada pihak-pihak yang merasa tidak puas, silahkan menempuh jalur mekanisme hukum melalui gugatan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35