kumparan
12 Jan 2019 0:40 WIB

Banjir Terjang Dua Kecamatan di Garut, Sejumlah Rumah Rusak Berat

Banjir di Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat. (Foto: Dok. Istimewa)
Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Garut pada Jumat (11/1) menyebabkan banjir di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Cigedug dan Kecamatan Tarogong Kidul. Sejumlah rumah sempat terendam hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.
ADVERTISEMENT
"Di Kecamatan Cigedug, terjadi banjir bandang di Desa Barududa sehingga menyebabkan lima kampung terdampak. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa," kata Kasie Penyelamatan non Kebakaran dari Dinas Pemadam Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, saat dikonfirmasi.
Banjir di Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat. (Foto: Dok. Istimewa)
Tubagus menyebut, lima kampung yang terdampak adalah Babakan Palah, Ciroyom, Barusuda, Pasir Tengah, dan Cikahuripan. Di lima kampung tersebut sejumlah rumah sempat terendam air, bahkan ada yang bergeser beberapa centimeter.
"Di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, pasca hujan deras yang disertai angin kencang pun menyebabkan kerusakan rumah dan fasilitas umum. Ada PJU (Penerang Jalan Umum) yang roboh, hingga sebagian atap Puskesmas Haurpanggung yang juga roboh," jelasnya.
Banjir di Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat. (Foto: Dok. Istimewa)
Kejadian di Kecamatan Tarogong Kidul itu menyebabkan beberapa orang warga mengalami luka ringan di bagian kepala karena tertimpa material rumah yang jatuh.
ADVERTISEMENT
"Ada anak yang mengalami luka di bagian pelipis dan ada juga seorang ibu yang kepalanya benjol. Keduanya karena tertinpa material rumah yang jatuh saat hujan deras dibarengi angin kencang," sebutnya.
Belum bisa dipastikan berapa kerugian materil akibat peristiwa tersebut. "Masih dalam pendataan," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan