Pencarian populer

Bank Dunia Nobatkan Susi Jadi Perempuan Pengusaha yang Menginspirasi

Video
Susi Pudjiastuti sukses menjadi pengusaha yang mengembangkan industri perikanan dan penerbangan. Dari seorang perempuan biasa di Pangandaran, Jawa Barat, Susi tampil ke pentas dunia.
ADVERTISEMENT
Bertempat di Hotel Four Seasons New York, Selasa (25/6), Susi menjadi satu pembicara di antara sejumlah perempuan dari negara-negara lain. Seperti misalanya Ivanka Trump, Ratu Maxima dari Belanda, Menteri Kerjasama Internasional Uni Emirat Arab Reem Al Hashimy, Ma Lu dari China, Oksana Pushikina dari Rusia, dan yang lainnya.
Bank Dunia dengan sponsor pemerintah UAE memang mengundang perempuan yang menginspirasi dari seluruh dunia untuk menjadi contoh bagi perempuan lainnya di dunia. kumparan yang menghadiri acara ini melihat langsung, saat Susi didaulat tampil dan berbagi pengalamannya.
"Saya berasal dari keluarga yang tinggal di pedesaan. Keluarga saya memegang teguh norma dan aturan," kata Susi mengawali kisahnya.
Susi bercerita dia tak bersekolah tinggi, kemudian dia terjun ke industri perikanan. Hingga akhirnya dia dapat pembeli di luar negeri, dan Susi membeli pesawat, dari satu, dua, hingga sekarang memiliki 50-an pesawat.
Susi Pudjiastuti jadi pembicara di Forum Bank Dunia (Foto: Indra Subagja/kumparan)
ADVERTISEMENT
Semangat tak kenal menyerah yang membuat Susi bertahan dan sukses hingga saat ini. Susi mengaku pada awalnya, sulit bagi dia mendapatkan pinjaman bank.
"Perempuan butuh akses dan bantuan modal, mereka bisa sukses sama seperti pria," terang Susi.
Susi juga menuturkan, saat gempa Aceh dia memberikan penerbangan gratis bagi warga, selama kurang lebih dua tahun. Susi juga menyalurkan bantuan untuk korban gempa Aceh. Pesawat Susi saat itu juga banyak dicarter NGO hingga media asing.
Semakin banyak dia membantu, semakin banyak rezeki datang. Sedekah membawa berkah. Nama Susi semakin dikenal setelah media asing CNN memberitakan sosoknya.
Mimpi Susi yang lainnya untuk masyarakat adalah akses internet. Dia berharap google bisa membantu membuka akses kemudahan internet hingga ke pelosok pedesaan. Dengan akses internet, masyarakat bisa mendapatkan berbagai kemudahan.
Susi Pudjiastuti jadi pembicara di Forum Bank Dunia (Foto: Indra Subagja/kumparan)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86