Pencarian populer

Bawaslu Izinkan Acara #2019GantiPresiden di Monas: Asal Tak Kampanye

Poster #2019GantiPresiden (Foto: Dok Istimewa)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) turut berpendapat mengenai kegiatan #2019GantiPresiden dan relawan Joko Widodo di sekitaran Monas. Relawan #2019GantiPresiden rencananya akan melakukan acara deklarasi. Sementara itu, relawan Jokowi akan mengadakan kegiatan senam bersama #DILAN_jutkan2019.
ADVERTISEMENT
Anggota Bawaslu Muhammad Afifudin mengatakan, Bawaslu mengizinkan kegiatan itu asal kegiatan itu tidak mengandung unsur kampanye dan menjaga ketertiban umum.
"Boleh saja (kegiatan itu dilakukan) asal sama-sama jaga ketertiban dan tidak melakukan kampanye," kata Afif saat dihubungi, Minggu (6/5).
Menurut Afif, aksi kampanye sudah boleh dilakukan apabila terdapat calon presiden yang terdaftar secara sah. Selain itu, kampanye dilakukan apabila calon yang didukung telah memiliki visi dan misi serta citra diri yang jelas.
"Kampanye itu (diizinkan) kalau sudah ada calon presidennya. Ada visi misi, program dan citra diri," kata dia
Anggota Bawaslu, Muhammad Affifudin (Foto: Intan Alfitry/kumparan)
Untuk kegiatan aksi yang akan dilakukan, menurut Afif bukan hanya kegiatan kampanye yang tidak boleh dilakukan, melainkan juga tindakan provokasi yang dapat memicu timbulnya konflik. Kendati demikian, Bawaslu hanya sebatas bisa mengimbau, urusan penindakan tetap menjadi ranah kepolisian.
ADVERTISEMENT
"Selain kampanye, provokasi juga dilarang. Kita bisanya mengimbau untuk tidak ada kampanye. Kalau ada provokasi dan kegiatan kekerasan polisi yang akan menindak," ungkapnya
Saat ini, dikawasan Monas terlihat beberapa relawan mulai memadati lokasi. Dua Mobil komando #2019GantiPresiden juga sudah mulai terlihat di lokasi. Rencananya aksi deklarasi tersebut akan digelar pukul 09.00 WIB. Acara itu juga mengalami perubahan lokasi titik kumpul dari awalnya di Taman Aspirasi, Monas berpindah ke Patung Kuda, Monas.
Sementara itu, massa relawan Joko Widodo belum terlihat di sekitaran area Monas. Padahal, sebelumnya beredar sebuah poster adanya kegiatan di seputaran Monas dari pihak berseberangan, yakni pihak yang mengaku relawan Presiden Joko Widodo.
Dalam poster tersebut tampak terpampang foto Jokowi dan tulisan #DILAN_jutkan2019. Lokasi acara sama persis dengan kubu #2019GantiPresiden.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85