Pencarian populer

Belanda Akan Larang Sumbangan Masjid dari Negara Teluk

Ilustrasi masjid Foto: Pixabay

Pemerintah Belanda akan melarang sumbangan untuk masjid-masjid dari negara-negara "tidak bebas". Tidak disebutkan negara yang dimaksud, namun Arab Saudi dan Kuwait telah masuk dalam daftar.

Menurut Menteri Sosial Wouter Koolmees kepada parlemen, rencana pelarangan ini dipicu oleh ketidaknyamanan legislator atas pembiayaan dari negara-negara Teluk untuk masjid-masjid di Beland, dikutip kumparan Den Haag dari NRC, Senin (12/2).

Kebijakan larangan semacam itu di Belanda tidak mudah. Sebab, di Belanda terdapat jaminan konstitusi untuk kebebasan beragama. Namun, Koolmees menugaskan penelitian untuk mencari kemungkinan-kemungkinannya.

Selain terbentur pasal kebebasan beragama dalam konstitusi Belanda, juga tidak jelas negara mana saja yang dapat ditengarai sebagai “tak bebas”, salah satu persyaratan yang diperlukan untuk kebijakan larangan.

“Dan seandainya larangan arus uang sumbangan dari negara-negara tersebut ke Belanda ternyata dimungkinkan, maka hal itu dapat menimbulkan akibat-akibat yang tak diinginkan,” ujar Menteri Koolmees.

Menurut Koolmees, antara lain dapat merusak kepercayaan terhadap Belanda secara internasional dalam aspek negara hukum dan hak-hak asasi manusia. Juga dapat menyebabkan hubungan diplomatik dalam tekanan, serta merugikan organisasi-organisasi Belanda yang aktif beroperasi di luar negeri.

Meskipun demikian Menteri Koolmees melihat kemungkinan untuk membatasi arus uang dari negara-negara seperti Arab Saudi dan Kuwait melalui kriteria timbal balik, yakni: negara-negara yang tidak mengizinkan ormas dan organisasi keagamaan dibiayai dari luar negeri, maka tidak boleh membiayai organisasi di Belanda.

Pemerintah Belanda sedang melakukan pengujian atas rancangan undang-undang yang akan mengatur larangan tersebut, semacam rancangan pendahuluan suatu undang-undang, jika mendapat dukungan luas di parlemen maka dapat diteruskan menjadi RUU.

Langkah Menteri Koolmees tersebut sebagai tanggapan atas ketidaknyamanan kalangan legislator di parlemen mengenai pembiayaan masjid-masjid di Belanda dari negara-negara seperti Arab Saudi dan Kuwait.

Sebelumnya pada akhir Desember lalu Menteri Perlindungan Hukum Sander Dekker telah mengumumkan Rancangan Undang-undang (RUU) yang akan mewajibkan ormas dan organisasi keagamaan di Belanda untuk transparan mengenai siapa saja para donaturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: