Pencarian populer

Berburu Harta Karun di Sungai Musi

Harta Karun Sungai Musi (Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan)
Banyak temuan harta karun berupa benda-benda antik di kawasan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Benda antik yang tertimbun di dasar sungai terpanjang di Sumatera ini diduga berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya.
ADVERTISEMENT
Ada beragam benda antik yang pernah ditemukan di kawasan Sungai Musi seperti koin emas, arca, perhiasan yang mengandung emas, fosil, artefak, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini masih banyak warga yang rela bertaruh nyawa dengan menyelam ke dasar Sungai Musi.
Mereka menggunakan peralatan ala kadarnya demi menemukan harta karun peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Sebab nilai jual harta karun cukup fantastis, dari jutaan hingga miliaran rupiah.
Sayangnya peninggalan bersejarah yang seharusnya dikelola pemerintah, justru jatuh ke tangan individu. Bahkan tak sedikit benda-benda kuno peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang jatuh ke tangan asing. Mereka juga mendokumentasikannya dalam bentuk buku.
Lalu apakah benar benda-benda kuno tersebut seluruhnya adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya? Benarkah benda-benda kuno itu masih banyak di kawasan Sungai Musi? Lalu bagaimana sikap pemerintah atas temuan-temuan ini?
ADVERTISEMENT
Simak selengkapnya konten spesial kumparan dalam topik Harta Karun Sungai Musi, Kamis (20/9).
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86