Pencarian populer

Berjanji Denuklirisasi, Korut Dilaporkan Masih Kembangkan Nuklir

Sohae, fasilitas rudal di Korut (Foto: AFP/PEDRO UGARTE )

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah berjanji akan melakukan denuklirisasi dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Tapi laporan terbaru menunjukkan denuklirisasi belum dilakukan, Korut malah mengembangkan fasilitas nuklirnya.

Hal ini disampaikan oleh media pemantau Korut 38 North seperti dikutip AFP, Rabu (27/6). Berdasarkan pantauan satelit, operasional pengayaan uranium masih berjalan seperti biasa di situs nuklir nomor satu Korut, Yongbyong.

Tidak hanya itu, menurut 38 North, fasilitas nuklir itu melakukan pengembangan infrastruktur, yaitu pembangunan rumah bagi reaktor nuklir.

"Citra satelit komersial pada 21 Juni mengindikasikan bahwa peningkatan infrastruktur di Pusat Riset Ilmiah Nuklir Yongbyon masih berlanjut dengan cepat," tulis laporan 38 North.

Laporan ini menunjukkan Korut belum mewujudkan janjinya untuk denuklirisasi yang masuk dalam 4 poin pertemuan dengan Trump. Tapi memang, dalam pertemuan di Singapura pada 12 Juni lalu, Kim Jong-un dan Trump tidak menetapkan kapan Korut akan melakukan denuklirisasi.

Menurut 38 North, hingga tanggal denuklirisasi ditetapkan Korut masih akan melakukan kegiatan nuklir seperti biasa.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61