Pencarian populer

Bernie Sanders Akan Maju dalam Pilpres AS 2020

Senator Bernie Sanders. Foto: REUTERS/Yuri Gripas

Senator Bernie Sanders pada Selasa (19/2) mengumumkan akan kembali maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2020. Bersama Partai Demokrat, Sanders berharap mengalahkan Donald Trump yang menurut dia "memalukan".

Pengumuman tersebut disampaikan Senator negara bagian Vermont ini dalam wawancara dengan radio lokal VPR. Dalam wawancara tersebut, dia berharap membentuk tim relawan pemenangan yang terdiri dari 1 juta orang.

"Saya ingin rakyat negara bagian Vermont yang pertama tahu hal ini. Dan yang saya janjikan, saya akan mengubah negara ini, membawa nilai yang kita banggakan di Vermont --tentang keadilan, kemasyarakatan, dan politik akar rumput, di rapat kota-- dan akan menyebarkannya ke seluruh negeri," kata Sanders.

Senator Bernie Sanders. Foto: AFP/NICHOLAS KAMM

Sebelumnya pada pilpres 2016 Sanders kalah dari Hillary Clinton dalam pemilihan kandidat capres Partai Demokrat.

Sanders, politisi independen yang menggunakan Partai Demokrat sebagai kendaraan untuk maju pilpres, masih akan mengusung misi yang sama seperti pemilu 2016, yaitu jaminan kesehatan universal, upah minimum USD 15 per jam, dan mengurangi utang pendidikan mahasiswa.

Dalam wawancara dengan VPR, pria 77 tahun ini menyampaikan alasannya untuk kembali maju dalam pilpres. Menurut dia, presiden AS saat ini, Donald Trump, memalukan negara.

Pendukung Senator Bernie Sanders pada Pemilu Amerika Serikat 2016. Foto: REUTERS/Mark Kauzlarich

"Saya kira pemimpin saat ini di Gedung Putih telah mempermalukan negara ini," kata Sanders.

"Saya kira dia (Trump) pembohong patologis...saya kira dia rasis, seksis, homofobia, xenofobia, seseorang yang ambil keuntungan politik dari mengincar minoritas, seringkali imigran yang tidak terdaftar," lanjut Sanders.

Kabar akan majunya Sanders sebagai capres 2020 muncul sejak pekan lalu. AFP memberitakan, Sanders bahkan telah membuat video tentang pencalonan dirinya sebagai capres, namun belum diketahui kapan akan dirilis.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57