Pencarian populer

Bertemu Cucu Bung Hatta yang Kesal Kakeknya Disamakan dengan Sandi Uno

Cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Nama salah satu cucu proklamator Mohammad Hatta, Gustika Fardani Jusuf Hatta, menjadi perbincangan publik. Gustika mengungkapkan kekesalannya saat kakeknya, Bung Hatta, disamakan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno oleh Dahnil Anzar Simanjuntak.

Bunyi cuitannya yang viral di Twitter itu seperti ini: "Untuk orang yang kesabarannya minus kayak gue gini denger kakek gue disamain sama Sandiaga Uno rasanya mau muntah, every single time waktu Pilpres. Why cant you find your own f*c*ng voice. Hatta is Hatta, you is you. I'm a Hatta but i ain't Bung Hatta".

Cuitan ini kemudian ditanggapi beragam oleh netizen dan tokoh politik, khususnya dari tim sukses Prabowo-Sandi. Tak sedikit yang mempertanyakan penggunaan bahasa yang digunakan Gustika, tetapi di sisi lain ada juga yang setuju dengannya. Muncullah pro dan kontra.

Beriringan dengan viralnya cuitannya tersebut, followers Gustika di Twitter terus bertambah hingga kini. Tadinya hanya ratusan, sekarang ia sudah mempunyai 18.000 followers.

Di tengah kontroversi cuitan itu, kumparan kemudian mencoba mengenal lebih dekat sosok Gustika dengan mewawancarainya di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (26/10). kumparan berbincang santai dengan Gustika kurang lebih selama satu jam.

Cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Gustika yang kini berusia 24 tahun, berpenampilan seperti seorang anak muda masa kini pada umumnya. Tampilannya modis, style smart casual, dengan rok jeans berwarna biru.

Gustika baru saja menyelesaikan studi S1-nya tentang studi Ilmu Perang di sebuah universitas di London, Inggris. Ia baru saja kembali ke Indonesia tiga pekan lalu.

Pembawaannya memang santai, tetapi pandangannya terhadap sesuatu khususnya dunia politik cukup luas. Hal itu terlihat dari sudut pandangnya melihat permasalahan politik di negeri ini.

Mengawali pembicaraan santai dengan kumparan, Gustika mengaku tak menyangka cuitannya bakal seviral itu. Ia mengatakan, hanya mengeluarkan umpatan tanpa bermaksud menyinggung siapa pun,

"Ngedumel aja sih seperti biasa. Enggak ngebayangin apa-apa, enggak nyangka akan viral sama sekali. Followers juga enggak banyak, kalau enggak salah cuma 500. yaudah ngedumel aja gitu," kata Gustika.

"Sebenernya bukan pertama ngedumel gitu, dengan umpatan kebun binatang," imbuh dia.

Gustika kemudian memberikan pandangannya terkait sosok Bung Hatta. Memang ia tak pernah bertemu langsung dengan pendiri koperasi tersebut, tetapi ibunya, Halida Nuriah Hatta, sering menceritakan sosok Bung Hatta.

Intinya, menurut dia, Sandiaga Uno sama sekali tak mirip dengan Bung Hatta. Dari sudut manapun.

"Ya emang beda banget. Datuk (Bung Hatta) tuh kesabarannya luar biasa, prinsipnya luar biasa. Dia kan kelas 4 SD kalau enggak salah ketika ngelihat kerabat keluarganya dibawa sama polisi kolonial. Sejak itu dia benci banget sama pemerintah kolonial Belanda dan itu menjadi misi dia. Indonesia harus merdeka," urai Gustika.

"Sandi itu politikus kemarin sore," imbuhnya.

Bagaimana perbincangan kumparan selanjutnya dengan Gustika? Yuk simak cerita lengkapnya di topik "Cucu Bung Hatta".

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57