kumparan
28 Jun 2019 15:55 WIB

Bertemu di G20, Trump Minta Putin Tidak Campuri Pemilu AS

Presiden Vladimir Putin dan Presiden Donald Trump bersalaman. Foto: Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu disela KTT G20 di Osaka Jepang. Kedua pemimpin terakhir kali bertemu di Finlandia 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan pada Jumat (28/6), Trump meminta Rusia tidak mencampuri pemilu AS. Negeri Beruang Merah kerap dituding ikut turut campur pada pelaksanaan pemilu AS 2016.
Kasus tersebut sempat membuat gempar seantero Negeri Paman Sam. Dugaan itu saat ini masih diselidiki oleh aparat berwenang di AS.
Presiden Vladimir Putin dan Presiden Donald Trump bersalaman. Foto: Reuters
Masalah itu pun dibahas saat Trump bertemu Putin disela KTT G20. Hal tersebut dipastikan Trump kala menjawab pertanyaan seorang jurnalis sebelum menggelar pertemuan dengan Putin.
"Ya tentunya akan dibahas," ucap Trump seperti dikutip dari Reuters.
Mendengar jawaban Trump, Putin langsung tertawa kecil.
Melihat Putin tertawa, Trump kembali berkomentar, "tolong jangan campuri pemilu kami."
Presiden Vladimir Putin dan Presiden Donald Trump bersalaman. Foto: Reuters
Hubungan AS-Rusia memburuk sejak 2014. Ketika itu, AS menuduh Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina dan mendukung rezim pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah.
ADVERTISEMENT
Sebelum G20 dimulai, Putin dalam sebuah wawancara bahkan menyebut hubungan Rusia-AS semakin memburuk.
Melihat semakin memburuknya hubungan dengan Rusia, jelang bertemu dengan Putin, Trump mencoba meredakan situasi. Ia bahkan tak ragu memuji Putin sebagai sosok terhormat.
"Merupakan kehormatan besar berada di sini bersama Presiden Putin. Kami memiliki banyak hal akan dibahas termasuk perdagangan dan pelucutan senjata," tutur Trump.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan