Pencarian populer

Bos Mafia Italia Meninggal Dunia di Tahanan

Bos mafia Italia Toto Riina (Foto: AFP PHOTO / Alessandro FUCARINI)

Eks bos tertinggi mafia Italia Toto Riinia alias si monster meninggal dunia pada Jumat (17/11), waktu setempat. Pria yang sempat menjadi sosok paling diitakuti dalam sejarah mafia di Sisilia wafat setelah berjuang melawan kanker.

Keterangan Pemerintah Italia menyebut, Riina meninggal di usia 87 tahun di dalam rumah sakit yang berada di dalam penjara di Kota Parma.

Riina meninggal saat menjalani hukuman penjara selama 26 tahun. Dia dijebloskan ke bui setelah terbukti menjadi otak pembunuhan lebih dari 150 orang.

Kondisi kesehatan sang mafia merosot tajam setelah melakukan dua operasi besar. Bahkan, Riina sempat dikabarkan koma selama beberapa hari.

Pengamat mafia di Negeri Pizza, Attilio Bolzoni menyebut, Riina akan terus dikenang di seluruh Italia karena kekejaman besar dan banyaknya kejahatan yang melibatkan dirinya.

"Dia akan tercatat di sejarah sebagai sosok yang menghacurkan dan mengambil alih Costa Nostra (organisasi mafia besar di Italia)," sebut Bolzoni.

"Dengan strategi melakukan pembantaian masal di seluruh Sisilia dan seantero Italia, dia mengubah mafia di Italia menjadi sesuatu yang nyata," ucap dia.

Selama berkuasa di Sisilia, si monster menebar teror di seluruh negara. Dekade kelam tersebut terjadi usai Riina merebut Costa Norta pada era 1970an lalu.

Salah satu kejahatan Riina yang paling dikenal adalah ketika dirinya memerintahkan pembunuhan seorang hakim anti-mafia, Giovani Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992 lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: