kumparan
14 Jun 2019 13:51 WIB

BPN: Prabowo Pantau Sidang Gugatan Pilpres dari Hambalang

Juru Bicara BPN, Andre Rosiade Foto: Jodi Hermawan/kumparan
Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang dimohonkan tim hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN). Sidang dimulai pukul 09.00 WIB dan dipimpin Ketua MK Anwar Usman.
ADVERTISEMENT
Juru bicara BPN Andre Rosiade mengatakan Prabowo memantau sidang sengketa di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.
"Pak Prabowo mungkin masih nonton di Hambalang," kata Andre di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6).
Andre menambahkan, usai menyaksikan sidang di Hambalang, Prabowo akan menuju ke Kertanegara, Jakarta Pusat. Direncanakan Prabowo akan memberikan keterangan pers di sana.
"Nanti sore baru ke Kertanegara," ucap Andre.
Terkait dengan gugatan ini, Andre kembali menegaskan BPN tidak untuk mencari kemenangan. Ia menegaskan gugatan ini dimohonkan agar proses pemilu ke depan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kecurangan.
"Jadi clear ya, terbukti komitmen kami, gugatan Prabowo-Sandi bukan soal kalah menang, bukan soal Prabowo-Sandi, tapi untuk pemilu ke depan agar 2024 tidak ada lagi kecurangan," jelas Andre.
ADVERTISEMENT
"Pemilu 2024 tidak ada lagi indikasi aparat bermain untuk petahana, aparat intelijen. Tidak ada lagi kekuatan negara dipakai untuk petahana. Jadi ini bukan untuk Prabowo-Sandi, tapi untuk evaluasi pemilu lebih baik dan demokrasi yang lebih baik," tutup Andre.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan