kumparan
9 Jun 2018 13:44 WIB

Bukan Daerah Rawan Gempa, Bangka Diguncang Gempa 3,4 Magnitudo

Ilustrasi Gempa (Foto: Thinkstockphotos)
Gempa bumi berkekuatan 3,4 magnitudo terjadi pada Sabtu (9/6) dini hari sekitar pukul 01.50 WIB di Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Gempa ini cukup mengejutkan warga, mengingat Bangka bukan daerah rawan gempa.
ADVERTISEMENT
"Bangka selama ini dinilai bukan daerah rawan gempa ternyata tadi pagi gempa mengguncang dan membuat panik warga," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya.
Guncangan dari gempa hanya berlangsung selama sekitar 15 detik, namun sempat membuat warga panik karena disertai suara gemuruh. Sejumlah warga pun lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.
Daryono menjelaskan, apabila ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, diketahui bahwa gempa ini merupakan jenis aktivitas gempa dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal.
"Gempa ini menarik untuk dikaji karena menandai aktifnya tektonik di wilayah Jebus Bangka Barat. Namun demikian, sesar yang menjadi pembangkit gempa ini belum terpetakan sebelumnya dan belum memiliki nama," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga saat ini, tidak ada tanda-tanda aktivitas gempa susulan.
"Berdasarkan data parameter gempa ini dan sejarah gempa di zona Bangka Barat, tampak sangat kecil peluang akan terjadi gempa susulan yang lebih besar kekuatannya, untuk itu kepada warga masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat diperanggung jawabkan kebenarannya," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan