Pencarian populer

Cerita di Balik Jokowi Buka Asian Para Games Pakai Bahasa Isyarat

Jokowi (kiri) belajar bahasa isyarat dengan Surya Sahetapy (tengah), Selasa (9/10/2018). (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Cerita di balik layar Presiden Joko Widodo membuka Asian Para Games 2018 dengan bahasa isyarat terungkap. Sebelum pembukaan, Jokowi sempat berlatih dengan seorang aktivis tunarungu atau tuli bernama Surya Sahetapy.

Dikutip dari rilis pers Sekretariat Presiden, Selasa (9/10), Surya menjelaskan Jokowi awalnya belajar bahasa isyarat melalui video yang ia kirimkan. Akan tetapi, pada akhirnya Jokowi memutuskan untuk bertemu langsung dengannya.

Bahkan, Surya pun diminta mendampingi Jokowi dalam kunjungan ke Boyolali, Jawa Tengah. Kunjungan itu dilakukan Jokowi beberapa jam sebelum Asian Para Games. Latihan berulang kali sejak pagi hari, dilakukan oleh Jokowi. Bahkan, latihan bahasa isyarat juga dilakukan Jokowi dalam perjalanannya menuju Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Jokowi (dua kanan) belajar bahasa isyarat dengan Surya Sahetapy (dua kiri), Selasa (9/10/2018). (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Namun tak sia-sia, Jokowi sukses menggunakan bahasa isyarat saat membuka Asian Para Games 2018. Kesuksesan itu menurut Surya direspons baik oleh teman-teman tulinya. Mereka merasa terharu melihat bahasa isyarat semakin diterima oleh masyarakat luas.

"Teman-teman tuli pada terharu dan merinding menyaksikan Presiden menggunakan bahasa isyarat," kata Surya yang merupakan putra penyanyi Dewi Yull dengan aktor Ray Sahetapy ini.

"Rasanya Bapak Presiden mengeluarkan kami dari tempat yang tersiksa, karena bahasa isyarat dianggap aneh sebelumnya, dan akhirnya diakui masyarakat secara umum. Alhamdulillah!" tambah dia.

Tepuk tangan Jokowi dengan bahasa isyarat. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Sebagai seorang aktivis, Surya juga rajin menyosialisasikan penggunaan kata tuli. Menurutnya, teman-teman di komunitas tuli sendiri lebih menyukai hal tersebut daripada tunarungu.

"Di antara mereka lebih suka disebut tuli daripada tunarungu," kata Surya.

Jokowi saat pembukaan Asian Para Games mengucapkan selamat datang pada seluruh atlet Asian Para Games 2018 dari seluruh Asia. Selain bertutur, ia juga menggunakan bahasa isyarat.

"Melalui Asian Para Games ini, kita ingin merayakan persaudaraan, kita ingin menunjukkan kegigihan, kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan," ujar Jokowi saat membuka Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelor Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/10).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22