Pencarian populer

Dahnil: Akan Ada Efek Wow Dalam Pembuktian Fakta di Sidang MK

Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak saat di wawancarai wartawan di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan Foto: Paulina Herasmarinandar/kumparan

Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, memastikan pihaknya akan membuka sejumlah fakta mengejutkan dalam persidangan sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). BPN akan terus melengkapi sejumlah materi untuk membuktikan adanya kecurangan terstruktur dan masif dalam proses pemilu.

"Mudah-mudahan, Selasa ketika sidang pembuktian dan seterusnya akan dilengkapi data dan fakta pembuktian. Saya yakin akan ada efek wow," ujar Dahnil di Jalan Pulombangkeng, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).

Dahnil menuturkan dalam sidang perdana sengketa pilpres hari ini, BPN telah menggelontorkan sejumlah data dan bukti yang disampaikan langsung kepada hakim MK.

"Hari ini kami yang jelas apresiasi mukadimah, yang disampaikan Ketua MK dan kesempatan hakim MK untuk eksplorasi lebih dari 3,5 jam. Kuasa hukum kami sampaikan fakta dan data," kata dia.

Hakim Mahkamah Konstitusi saat sidang perdana di MK, Jakarta, Jumat (14/6). Foto: Helmi Afandi/kumparan

Dahnil juga mengatakan untuk pembuktian adanya kecurangan, BPN telah meminta perlindungan saksi agar saksi dapat bersaksi tanpa tekanan dalam sengketa pilpres. Ia menuturkan pihak LPSK dapat mengambil alih permintaan tim hukum BPN untuk melindungi saksi yang dimiliki.

"Yang jelas, LPSK bisa ambil alih permintaan dari kuasa hukum kami. Karena banyak kasus apalagi ini high case dalam konteks politik, ada tekanan dan macam-macam yang mungkin bisa terjadi," ucap dia.

Ia menganggap wajar adanya kekhawatiran para saksi dan upaya BPN untuk memastikan para saksi mendapatkan perlindungan dalam menyampaikan kesaksiannya.

"Kekhawatiran saksi wajar dan kepentingan kuasa hukum memastikan saksi kami tetap nyaman bersaksi, karena itu kita butuh supporting sistem untuk saksi dari negara," tutup dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31