Pencarian populer

Dalam Sehari, 100 Hacker Coba Retas Situs KPU

Ilustrasi Hacker Foto: Thinkstock

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengaku situs lembaganya mendapat serangan dari banyak peretas (hacker). Namun, Hasyim menegaskan hingga kini situs KPU masih terlindungi.

"Setiap hari, dalam setiap hari, bisa ratusan hacker yang menyerang. Ya, alhamdulillah, hari ini masih tayang, Tuhan masih melindungi KPU," ucap Hasyim di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Hasyim memastikan orang-orang yang menjaga situs KPU adalah tenaga IT (Information Technology) Indonesia yang profesional. Hasyim menyebut pihaknya akan selalu menjaga server KPU aman dan meminta masyarakat mempercayai pegawainya.

"Tidak ada (tenaga) asing. Semua anak bangsa dari seluruh Indonesia, dari berbagai kalangan, mulai kampus hingga profesional IT," jelas Hasyim.

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari. Foto: Fadjar Hadi/kumparan

Pemuda asal Payukumbuh, Sumatera Barat, berinsial AA yang meretas situs KPU sebelumnya sudah berhasil ditangkap. Polisi masih mendalami motif AA.

“Masih proses pemeriksaan oleh satuan tugas tersebut, masih didalami apa motivasi, kenapa melakukan illegal access karena bisa menganggu kinerja KPU,” ucap Karopenmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Dedi menjelaskan pelaku belum sempat melancarkan aksinya di situs KPU. “Belum, baru ilegal akses mau masuk sudah ke deteksi duluan,” ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23