Pencarian populer

Delman Monas Pindah ke Kota Tua dan Ragunan Selama Asian Games

Peminat wisata delman masih sedikit (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparana)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tidak ada lagi delman di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Delman tersebut sudah dipindah ke Kota Tua, Jakarta Barat, dan Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Pemindahan itu hanya berlangsung selama Asian Games 2018.

Menurut Anies, pemindahan itu untuk mendapatkan sertifikat bebas penyakit hewan kuda atau equine disease free zone (EDFZ). Sertifikat tersebut diperlukan untuk Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) agar bisa menjalankan event internasional seperti Asian Games 2018.

“Maka itu wiraswastawan berkuda yang menawarkan delman di Monas semuanya dipindah ke Kota Tua dan Ragunan. Kita apresiasi sekali karena mereka (pengusaha delman) sangat sportif,” kata Anies di JIEPP, Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (2/8).

Anies menuturkan, ada sekitar 300 ekor kuda di sekitar Jakarta. Kuda tersebut sebenarnya sudah divaksinasi. Namun, karena peraturannya tidak mengizinkan ada kuda dalam radius 10 kilometer maka lokasi delman ikut dipindah.

“Kami mendeteksi ada lebih dari 300 kuda di sekitar Jakarta dan semuanya harus mendapatkan vaksin. Lalu radius 10 kilometer tidak boleh ada kuda satu ekor pun untuk menghindari potensi penularan penyakit, walaupun semua sudah divaksin,” kata Anies.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di peresmian Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas, Kamis (28). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

Terkait penularan penyakit terhadap kuda, Anies juga sudah meminta warga setempat untuk tidak melakukan pemotongan hewan kurban selama Asian Games 2018. Larangan itu berlaku untuk masjid atau musala dalam radius 1 kilometer dari JIEPP.

JIEPP mendapatkan sertifikat bebas penyakit hewan kuda atau equine disease free zone (EDFZ) dari Dewan Kesehatan Hewan dunia (Office International des Epizooties/OIE) di Paris dan Dewan Uni Eropa di Brussels.

Cabang olahraga equestrian di Asian Games akan berlangsung pada 20 hingga 30 Agustus 2018. Ada tiga kategori yang akan dipertandingkan yaitu dressage, eventing dan jumping.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: