Pencarian populer

Diduga Jual Bayi, Seluruh Yayasan Bunda Teresa di India Diperiksa

Polisi India periksa yayasan Misionaris Cinta Kasih (Foto: REUTERS/Stringer)

Yayasan pelindung perempuan dan anak yang didirikan oleh Bunda Teresa di India dituduh telah menjual bayi. Akibat tuduhan ini, pemerintah India memerintahkan pemeriksaan di seluruh rumah penampungan yayasan tersebut.

Diberitakan Reuters, rumah penampungan milik yayasan Missionaries of Charity atau Misionaris Cinta Kasih -organisasi yang didirikan Bunda Teresa- di negara bagian Jharkhand ditutup oleh pemerintah India pada awal bulan ini. Seorang suster di rumah tersebut ditahan atas tuduhan penjualan bayi.

Menurut penyidik kepolisian Aman Kumar kepada Reuters awal Juli lalu, setidaknya ada lima hingga enam bayi yang dijual kepada pasangan yang tidak punya anak.

"Kami tengah menyelidiki bagaimana operasi ini berjalan dan berapa banyak anak yang telah dijual dalam beberapa tahun terakhir," kata Kumar.

Arti Kujur, kepala Badan Pelindung Anak Jharkhand, mengatakan yayasan Misionaris Cinta Kasih menjual bayi dengan harga antara 40 ribu hingga 100 ribu rupee (Rp 8,4 juta-21 juta), tergantung kemampuan pasangan pembelinya.

Ilustrasi anak di India. (Foto: Reuters/Adnan Abidi)

"Kami telah menerima banyak aduan terkait fungsi rumah ini dan telah mengawasi mereka selama hampir enam bulan," kata Kujur.

Belum ada komentar dari yayasan tersebut. Namun pada 2015 yayasan ini telah berhenti menjadi perantara adopsi bayi karena tidak setuju dengan peraturan pemerintah yang mempermudah adopsi bagi pasangan bercerai atau lajang.

Kasus ini muncul seiring banyaknya laporan anak atau bayi yang diperjualbelikan melalui rumah-rumah amal atau rumah sakit di India.

Misionaris Cinta Kasih adalah organisasi berpaham Katolik Roma yang didirikan pada 1950 oleh Bunda Teresa atau yang dikenal dengan nama Santo Teresa dari Kalkuta. Organisasi ini memiliki 4.500 suster di India.

Organisasi ini diperuntukkan sebagai tempat penampungan bagi orang-orang yang tersingkirkan seperti pengungsi, mantan PSK, penderita kelainan jiwa, anak-anak terbuang, penderita lepra atau AIDS.

Menteri Urusan Anak dan Wanita India Maneka Gandhi pada Senin (16/7) memerintahkan pemeriksaan di seluruh rumah penampungan Misionaris Cinta Kasih dan organisasi pengadopsi lainnya. Dia juga memerintahkan agar organisasi-organisasi tersebut didaftarkan secara resmi ke pemerintah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: