kumparan
8 Des 2018 5:04 WIB

Dishub DKI Siap Integrasikan Angkutan Umum di Skybridge Tanah Abang

Kondisi Terkini Skybridge Tanah Abang (Foto: Raga Imam/kumparan)
Hingga sepekan ke depan, Skybridge Tanah Abang mulai diuji coba bagi publik. Untuk mendukung hal ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengintegrasikan angkutan umum dengan Skybridge.
ADVERTISEMENT
Plt Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko mengatakan, integrasi itu untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat dalam menjangkau angkutan umum.
"Kita berusaha untuk menghadirkan integrasi angkutan umum yang ada di sana," ujarnya saat dihubungi kumparan, Sabtu (8/12).
Sigit mengatakan, hari pertama uji coba Skybridge lebih kepada sosialisasi dan uji coba fungsi desain pengaturan lalu lintas serta angkutan umum di kawasan Tanah Abang. Sehingga dia belum dapat mengevaluasi secara utuh terhadap penggunaan Skybridge ini.
Pekerja kontruksi di pembangunan skybridge di Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (15/9/2018). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Sementara terkait papan-papan petunjuk yang masih kurang di Skybridge, kata Sigit, hal tersebut akan segera diperbaiki.
Hingga saat ini, Sigit juga mengatakan belum ada keluhan warga ke Dishub terkait lalu lintas di kawasan uji coba Skybridge. Sampai hari ini, Skybridge akan terus dioptimalkan fungsinya.
ADVERTISEMENT
"Belum ada terkait keluhan warga," tuturnya.
Pembangunan Skybridge ini sendiri menurut Dirut PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, merupakan solusi atas kesemrawutan yang terjadi di kawasan Tanah Abang, khususnya Jalan Jati Baru.
Skybridge Tanah Abang mulai dibangun pada Agustus lalu dan ditargetkan rampung pada Oktober. Meski meleset, akhirnya hari ini Skybridge Tanah Abang mulai uji coba kepada publik.
Adapun untuk mempermudah akses warga yang menggunakan angkutan umum, Yorry sebelumnya mengatakan akan membangun halte di bawah Skybridge.
"Setelah Skybridge nanti halte-haltenya kita siapin juga. Ada yang untuk Transjakarta dan bukan Transjakarta," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan