• 2

Donald Trump Kegemukan, Diminta Diet dan Olahraga

Donald Trump Kegemukan, Diminta Diet dan Olahraga


Donald Trump liburan di West Palm Beach

Donald Trump liburan di West Palm Beach (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)
Donald Trump menjalani tes kesehatan untuk memastikan kondisinya fit dalam menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat. Hasilnya, Trump dianggap kegemukan, harus menjalani program diet dan olahraga.
Hasil tes kesehatan ini disampaikan oleh dokter Gedung Putih, Ronny Jackson, seperti dikutip Reuters pada Selasa (16/1). Pemeriksaan kesehatan terhadap Trump dilakukan pada Jumat pekan lalu di Walter Reed National Medical Center.
Tidak hanya tes fisik, Trump juga meminta dilakukan tes kognitif. Tujuan tes ini adalah untuk memastikan presiden tidak terkena gejala Alzheimer atau demensia yang bisa mengganggu kinerjanya.
Hasil tes kognitif, kata Jackson, menunjukkan Trump mendapat nilai 30 dari 30. "Presiden secara mental sangat sehat," kata dia.

Donald Trump

Donald Trump. (Foto: Reuters/Carlos Barria)
Namun dalam tes kesehatan, Presiden 71 tahun ini dinyatakan obesitas dengan berat badan 109 kg dan tinggi 1,9 meter. Tekanan darahnya normal 122/74, namun tingkat kolesterolnya di atas ambang batas.
Trump memang dikenal doyan mengkonsumsi makanan tinggi lemak, seperti ayam goreng, hamburger, dan steak. Dia sering main golf, tapi tidak rutin berolahraga.
Dengan usia tua yang diiringi obesitas, berbagai penyakit mengintai Trump, salah satunya risiko penyakit jantung.
Menurut Jackson, Trump harus menjalani program diet dan olahraga untuk menurunkan berat tubuhnya hingga 4,5 sampai 6,8 kg.
Dengan kondisi ini, Jackson akan meningkatkan dosis harian Crestor atau obat penurun kadar kolesterol bagi Trump. Mulai saat ini, Trump juga akan didampingi ahli nutrisi untuk menjaga menu makanannya. Termasuk juga, Jackson akan merancang program olahraga bagi Trump.
"Dia lebih antusias soal diet ketimbang olahraga, tapi kami akan melakukan keduanya," kata Jackson.

NewsInternasionalDonald TrumpAmerika Serikat

presentation
500

Baca Lainnya