kumparan
24 Agu 2019 19:39 WIB

Erdogan Kunjungi Indonesia Awal Tahun 2020

Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal (kiri) bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: Dok. KBRI Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Indonesia pada awal tahun 2020. Erdogan mengaku diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu di sela acara KTT G20 di Osaka, Jepang.
ADVERTISEMENT
Rencana kunjungan itu disampaikan oleh Erdogan kepada Duta Besar RI untuk Republik Turki, Lalu Muhamad Iqbal. Erdogan dan Lalu Muhamad Iqbal sempat berbincang selama satu jam pasca penyerahan Surat Kepercayaan dari Presiden Jokowi pada hari Jumat (23/8).
"Saat bertemu di Osaka beberapa waktu lalu, Brother Widodo mengingatkan saya mengenai undangan beliau kepada saya untuk berkunjung ke Jakarta. Karena itu saya rencanakan akan berkunjung pada triwulan pertama tahun 2020," ujar Presiden Erdogan sebagaimana diungkapkan Lalu dalam keterangan tertulisnya yang diterima kumparan, Sabtu (24/8).
Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal (kiri) bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: Dok. KBRI Turki
Presiden Erdogan pun meminta Duta Besar RI melakukan komunikasi secara intensif dengan Jubir Kepresidenan dan sejumlah penasehat beliau untuk memastikan tanggal dan menyiapkan program kunjungan tersebut.
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi terakhir melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki pada tahun 2017. Berbeda dengan penyambutan pada umumnya, kunjungan Presiden Jokowi pada tahun 2017 bukan hanya disambut oleh Pasukan Kepresidenan (Presidential Guard) tapi juga oleh barisan pasukan yang mengenakan seragam tentara Ottoman. Sementara itu, Presiden Erdogan terakhir melakukan kunjungan ke Jakarta pada tahun 2015.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan