kumparan
6 Jul 2018 22:32 WIB

Evaluasi Mudik Lebaran 2018, Menhub Soroti Tol hingga Angkutan Barang

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Medan (Foto: Ade Nurhaliza/kumparan)
Pemerintah menyampaikan bahwa pelaksanaan Mudik Lebaran 2018 lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, tetap ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki ke depannya seperti pembangunan jalan tol yang saat ini belum bisa maksimal menggerakan perekonomian masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Satu yang harus dilakukan adalah tol ini menyambung. Kalau tol ini menyambung, tempat-tempat yang menjadi rest area di kota-kota kabupaten seperti Berbes itu hidup, sehingga distribusi ekonomi ini berjalan lebih baik," kata Budi seusai acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018, di Gedung Pancagatra Dwiwarna Purwa Lemhanas RI, Jl. Kebon Sirih no.26-28 Jakarta Pusat.
Catatan lain yang patut menjadi perhatian adalah transportasi bus. Budi Karya mengatakan, peningkatan kapasitas bus harus bisa dimaksimalkan pada lebaran di tahun berikutnya.
Sementara itu, untuk angkutan barang perlu ada perbaikan lebih. Sebab, masih banyak angkutan barang yang melebihi kapasitas.
"Angkutan barang yang harus kita perbaiki yaitu overload dan over dimensi karena membuat kecepatan kendaraan angkutan barang itu lambat. Sehingga dia harus dipindahkan dari jalan tol ke jalan biasa. Jikalau kecepatan angkutan barang kecepatannya bisa cepat, kita tidak perlu membatasi angkutan barang pada jalan-jalan tertentu," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan