Pencarian populer

Fadli Zon: Biasanya Calon Petahana Diuntungkan Dana Siluman Kampanye

Fadli Zon meninggalkan kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8). (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief sempat menuding cawapres Sandiaga Uno memberikan mahar masing-masing Rp 500 milliar kepada PAN dan PKS untuk memuluskan langkahnya maju cawapres hingga sebagai dana kampanye di Pilpres 2019.

Merespons hal itu, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon justru menuding calon petahana Joko Widodo (Jokowi) yang diuntungkan karena menggunakan dana siluman untuk berkampanye. Untuk itu, Fadli meminta adanya transparansi dalam penggunaan dana selama kampanye.

"Ke depan harus ada transparansi penggunaan dana kampanye termasuk dari petahana. Biasanya petahana diuntungkan dana siluman. Jangan sampai gunakan anggaran terselubung," kata Fadli di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Sementara itu, Fadli tak khawatir jika Bawaslu nantinya memanggil Sandi soal cuitan Andi soal tudingan dana mahar Sandi sebesar Rp 500 miliar kepada PAN dan PKS. Menurut dia, kicauan Andi bukanlah sebuah masalah dan tak memiliki dasar yang berarti.

"Saya kira tidak ada case (cuitan Andi Arief). Itu ujaran tak ada dasar, apalagi tak terjadi apa-apa," ujar dia.

Fadli mengungkapkan selanjutnya Gerindra akan membahas kelanjutan dana logistik bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Dana itu berasal dari perseorangan hingga partai pengusung paslon tersebut.

"Dibicarakan selanjutnya untuk biaya logistik dan lain-lain. Pemenangan pemilu harus ada kontribusi dari kandidat termasuk Pak Prabowo, Pak Sandi, dari partai seperti apa, persiapkan saksi atribut, spanduk, baliho, billboard dan lain-lain," tutup Fadli.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22