Pencarian populer

Fadli Zon: Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota Masih Mentah

Fadli Zon jenguk Eggi Sudjana dan Loeus Sungkharisma di rumah tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (29/5). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai rencana perpindahan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan harus dikaji secara serius oleh pemerintah. Menurut Fadli, kajian yang dilakukan pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota masih mentah.
ADVERTISEMENT
"Masih mentah menurut saya. Masih mentah sekali. Belum ada apa-apa itu," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).
Menurut Fadli, kajian mendalam yang harus dilakukan terkait memindahkan Ibu Kota yaitu harus detail rencana penganggarannya. Kemudian, kata dia, berapa lama pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan dalam jangka berapa tahun.
Termasuk penempatan terkait instansi strategisnya seperti apa pemetaannya. "Segala sesuatunya itu kan harus diukur, berapa keperluannya, dan berapa lama kita akan memindahkan itu, secara bertahap dan seterusnya. Karena ini menyangkut masalah pelayanan juga terhadap seluruh warga negara," ungkapnya.
"Gagasan itu tidak ada masalah, tapi harus dikaji betul tempatnya di mana, lokasinya di mana, di mana yang paling murah," terang Wakil Ketua DPR itu.
Suasana peringatan kemerdekaan HUT ke-73 RI di Perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8/18). Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Menurut Fadli, negara-negara lain yang telah memindahkan Ibu Kota-nya ke tempat lain itu melakukan kajian tidak sebentar. Sehingga, yang dibutuhkan bukan suatu pernyataan semata, tetapi juga pandangan strategis terkait rencana dan pemetaan pemindahan ibu kota itu.
ADVERTISEMENT
"Tentu ini harus ada satu rumusan, rancangan yang serius. Kalau lihat negara lain mereka merancang ini dengan waktu yang lama. Jadi bukan sekadar satu statement saja. Walaupun gagasan itu bukan gagasan baru, dari Bung Karno dan Pak Harto juga ingin memindahkan, tapi lihat prioritas ekonomi kita, apa yang menjadi prioritas kita. apakah pemindahan ibu kota sudah menjadi prioritas kita?," tuturnya.
"Jadi ini harus dipikirkan dan saya kira para ekonom, para akademisi, intelektual juga harus dilibatkan untuk mengkaji ini, sehingga terukur gitu. Kan kita ingin kalo kita ingin memindahkan ibu kota itu ada satu solusi dengan maksud baik utk pemerataan, bukan seaedar keinginan saja," tutup Fadli Zon.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86