Pencarian populer

Fahri Hamzah: Saya Ditolak Ceramah di UGM karena Ada Tekanan dari Atas

Fahri Hamzah diperiksa Polda Metro Jaya. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah berkomentar soal namanya yang dicoret sebagai penceramah di Masjid Kampus UGM. Fahri sendiri seharusnya mengisi ceramah pada 22 Mei lalu.

Fahri membenarkan namanya dicoret sebagai penceramah di Masjid Kampus UGM. Ia curiga hal itu dilakukan pihak kampus karena ada tekanan dari pihak-pihak tertentu.

"Benar ditolak. Katanya karena tekanan dari rektorat, tapi saya dengar rektorat ditekan dari atas," ujar Fahri di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/5). Fahri tak merinci siapa "dari atas" tersebut.

Meski pihak UGM telah membantah adanya tekanan dari pihak mana pun, tetapi Fahri menilai pelarangan ceramahnya tidak seharusnya terjadi. Sebab, kata dia, kampus adalah tempat pemikiran, sehingga ia tidak sependapat dengan anggapan ceramahnya akan menimbulkan polemik di masyarakat.

"Kampus itu tempat polemik, tempat pikiran disampaikan dengan merdeka. Bukan zaman melarang orang bicara," pungkasnya.

UGM memutuskan mencoret nama Fahri Hamzah sebagai penceramah di Masjid Kampus UGM karena ada pro dan kontra di masyarakat. UGM memastikan tidak ada tekanan dari pihak mana pun saat keputusan ini dibuat.

"Alasan pencoretan memang karena ada pro kontra di masyarakat. Yang perlu kami tegaskan tidak ada tekanan (terkait pencoretan Fahri) dari pihak mana pun, baik dari kementerian mana pun maupun Istana mana pun. Seperti yang disampaikan di beberapa media itu sama sekali nggak (tidak benar)," jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani kepada kumparan.

Selain nama Fahri Hamzah, ada dua nama lagi yang dicoret yaitu Ismail Yusanto, mantan juru bicara HTI, dan Novriyadi yang merupakan dosen internal UGM. Alasan keduanya pun sama seperti pencoretan Fahri Hamzah yaitu karena adanya pro kontra di masyarakat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: