Pencarian populer

FUI Usai Temui KPU: Kita Maksimalkan Partisipasi Umat di Pemilu 2019

Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath di depan Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, (1/3). Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan

Forum Umat Islam (FUI) melakukan audiensi dengan KPU dalam aksi apel siaga umat di depan kantor KPU, Jakarta. Usai pertemuan, FUI menegaskan akan mengupayakan partisipasi umat Islam dalam Pemilu 2019.

“Kita ada titik temu dengan KPU yaitu dalam hal bahwa kita akan mengupayakan partisipasi umat semaksimal mungkin, dan KPU mengucapkan terima kasih atas support moral yang diberikan oleh FUI,” ujar Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath di atas mobil komando aksi, Jumat (1/3).

Dia juga mengatakan FUI akan bekerja sama dengan KPU untuk mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, dan adil. Namun, kata dia, kerja sama itu akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan selanjutnya antara FUI dengan KPU pada Rabu (6/3).

“Kerja sama sosialisasi pelaksanaan pemilu yang bersih, jurdil, tanpa kecurangan. Itu insyaallah akan digodok nanti hari Rabu (6/3) sore. Di mana Komisioner KPU akan datang secara forum,” tambahnya.

Suasana pertemuan perwakilan FUI dengan KPU di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, (1/3). Foto: Efira Tamara/kumparan

Pertemuan antara FUI dengan KPU berlansung di dalam kantor KPU. Massa FUI diwakili oleh sejumlah orang, di antaranya Al-Khaththath dan Eggi Sudjana. Sementara pihak KPU diwakili Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan Sekjen KPU Arif.

Al-Khaththath menyatakan dalam audiensi itu ada sejumlah pertanyaan dari FUI yang dijawab oleh KPU. Di antaranya terkait audit forensik IT KPU, DPT tuna grahita, independensi KPU, hingga aturan cuti capres petahana Jokowi.

Ia tak menejelaskan jawaban dari KPU terkait pertanyaan itu. Namun, Al-Khaththath berharap KPU mendetailkan kembali jawabannya saat pertemuan berikutnya.

“Oleh karena itu, akan kita detailkan besok. Semua komisoner KPU semoga diberikan hidayah oleh Allah SWT,” ujarnya.

Massa FUI berbaris dalam aksi gabungan bersama Gerakan Jaga Indonesia di depan Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, (1/3). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

FUI hari ini menggelar aksi unjuk rasa di depan KPU. Dalam aksinya, mereka mengucapkan sumpah dan dukungan kepada KPU agar dapat menggelar pemilu bersih, adil, jujur, dan tanpa kecurangan.

Al-Khaththath mengatakan 17 April nanti akan jadi kemenangan umat Islam. Namun, kemenangan itu bisa diserobot oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu ia meminta KPU untuk bersih dalam melaksanakan tugasnya.

“Kemenangan kita bisa diserobot oleh orang. Maka jangan dibiarkan, harus kita jaga, takbir! Ini kenapa kita datang, semangat-semangat agar menjaga kemenangan tidak diserobot orang,” ujar Al-Khaththath dalam orasinya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57