Pencarian populer

Gabung Koalisi Oposisi, PAN Serahkan Nasib Asman Abnur ke Jokowi

Menpan RB, Asman Abnur. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)

Setelah resmi bergabung dengan koalisi oposisi dan mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019, PAN menyerahkan sepenuhnya nasib Menteri PAN-RB, Asman Abnur kepada Presiden Joko Widodo.

Waketum PAN Hanafi Rais mengatakan, Asman bukan lagi milik partai saat menjadi pembantu presiden. Nantinya, apakah Asman akan dicopot atau dipertahankan sangat tergantung penilaian serta keputusan presiden.

“Ketika ada menteri dari PAN masuk kabinet ini, itu kita istilahkan sebagai waqaf politik. Artinya itu sudah bukan lagi dimiliki sepenuhnya oleh partai, tapi tergantung penilaian presiden. Itu kan otonomi presiden untuk menentukan nasibnya seperti apa,” kata Hanafi di Gedung KPU, Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Hanafi mengaku, partainya memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada Asman untuk menentukan pilihan apakah ingin mengundurkan diri sebagai menteri kabinet kerja. Namun, jika Asman ingin tetap bertahan partainya juga akan menerimanya.

Yang jelas, partai besutan Zulkifli Hasan itu telah menyerahkan sepenuhnya nasib Asman kepada Jokowi. PAN, kata dia, tidak ingin berkomentar apalagi mengintervensi keputusan Jokowi.

“Tapi namanya sudah waqaf untuk bangsa ya kita tak intervensi. Itu juga tergantung presiden karena sudah menjadi anak buah presiden,” tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23