kumparan
4 Jun 2018 5:59 WIB

Game Designer Convention Kembali Digelar di Göttingen

Game Designer Convention di Göttingen. (Foto: Dok: Daniel Chrisendo)
Acara tahunan Game Designer Convention kembali digelar di kota Göttingen, Jerman, kali ini yang ke-37. Acara yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 2 sampai 3 Juni ini mempertemukan para desainer boardgame dari seluruh tempat terutama dari Jerman, dengan publisher-publisher boardgame ternama seperti Kosmos dan Ravensburger.
ADVERTISEMENT
Games Designer Convention merupakan kerja sama antara dinas kebudayaan kota Göttingen dan asosiasi desainer boardgames, Spiele-Autoren-Zunft e.V. (SAZ). Pada hari pertama, para desainer boardgame memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan melakukan simulasi prototipe boardgame yang telah mereka desain di depan para publisher. Sementara publisher akan mencari boardgame yang menurut mereka menarik untuk dimainkan dan memiliki peluang untuk dijual, bukan hanya di Jerman tapi juga di seluruh dunia.
Game Designer Convention di Göttingen. (Foto: Dok: Daniel Chrisendo)
Di hari kedua, acara akan dibuka untuk umum dimana orang-orang bisa datang dan mencoba bermain boardgame-boardgame tersebut bersama dengan penciptanya. Publik juga akan dimintai saran tentang bagaimana boardgame tersebut bisa dikembangkan lebih menarik lagi ke depannya.
Sejak pertama kali acara ini digelar di tahun 1983, telah banyak boardgame-boardgame yang terjun ke pasaran karena pertemuan antara desainer dan publisher yang terjadi disini. Di tahun 2018 sendiri ada 323 desainer yang mendaftar, namun karena keterbatasan tempat para desainer yang diizinkan untuk datang hanyalah 180 desainer saja.
Game Designer Convention di Göttingen. (Foto: Dok: Daniel Chrisendo)
Dalam convention ini, SAZ juga memberikan beasiswa bagi para desainer muda untuk mengikuti kegiatan magang selama empat minggu di perusahaan boardgame terkenal di Nürnberg, Jerman.
ADVERTISEMENT
Jika kamu tertarik untuk menjadi desainer boardgame, kamu bisa mencoba peruntunganmu disini. Kamu memiliki waktu satu tahun untuk menyiapkan prototipe game kamu dan berpartisispasi dalam Game Designer Convention selanjutnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Juli 2019 di kota Göttingen.
Game Designer Convention di Göttingen. (Foto: Dok: Daniel Chrisendo)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan