kumparan
17 Sep 2019 8:30 WIB

Gangguan Pasokan Listrik, Stasiun MRT Sempat Padam

Kereta MRT Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Beberapa stasiun MRT Jakarta mengalami pemadaman listrik sementara, Selasa (17/9), sekitar pukul 05.10 WIB.
ADVERTISEMENT
Stasiun yang mengalami pemadaman listrik sementara itu adalah Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok A, Blok M BCA, Senayan, Istora Mandiri, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.
Seorang penumpang berjalan di dalam Stasiun MRT Bunadaran HI. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, menjelaskan pemadaman listrik ini disebabkan adanya gangguan di salah satu jalur pasokan listrik PLN ke gardu induk MRT Jakarta.
"Meski demikian, jalur utama kereta masih beroperasi normal dan tidak terkena dampak gangguan pasokan listrik, sehingga tidak diperlukan evakuasi penumpang," ujar Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/9).
Kamaluddin mengatakan, sempat dilakukan penutupan sementara stasiun untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang,
"Pada saat kejadian tersebut sempat dilakukan penutupan sementara stasiun untuk dilakukannya proses restart sistem akibat perpindahan sumber listrik untuk operasi stasiun ke tenaga cadangan," terangnya.
Suasana di pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Kamaluddin memastikan seluruh stasiun telah kembali beroperasi normal mulai pukul 05.52 WIB. Saat ini, pihak MRT Jakarta bersama pihak terkait, termasuk PLN, tengah menginvestigasi penyebab dari gangguan pasokan listrik tersebut. Termasuk perbaikan SOP petugas operasi dan pemeliharaan
ADVERTISEMENT
"Hasilnya akan diinformasikan kemudian," ungkapnya.
Kamaluddin menyampaikan permohonan maaf MRT Jakarta atas gangguan ini. "Berkomitmen untuk terus meningkatkan kehandalan layanan dan kenyamanan penumpang untuk memastikan kejadian serupa dapat dipulihkan dalam waktu yang lebih cepat," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan