Pencarian populer

Gedung Kementerian Komunikasi Afghanistan Diserang, 7 Orang Tewas

Pasukan keamanan Afghanistan membawa anak yang diselamatkan dari Gedung Kementerian Komunikasi, Teknologi, dan Informatika di Kabul, Afghanistan, Sabtu (20/4/2019). REUTERS/Mohammad Ismail Foto: Reuters/Mohammad Ismail

Gedung Kementerian Komunikasi Afghanistan yang terletak di pusat Ibu Kota diserang oleh sejumlah orang pada Sabtu (20/4) siang. Setidaknya, ada 7 orang tewas dan 8 warga sipil terluka atas insiden penyerangan ini.

Diberitakan Reuters, Minggu (21/4), penyerangan dimulai dengan sebuah bom bunuh diri yang diledakkan di pintu masuk gedung kementerian. Setelah ledakan, terdengar suara tembakan yang membuat orang-orang langsung berlarian menyelamatkan diri.

"Kami melihat seorang pria bersenjata mencoba mendobrak pintu kantor. Saat kami mencoba menyelamatkan diri, dia mencoba menembak kamu dan berteriak 'Saya akan membunuh semua orang di sini," ucap seorang pegawai administrator Kementerian Komunikasi, Syeda Rashid.

Pasukan keamanan Afghanistan membawa anak yang diselamatkan dari Gedung Kementerian Komunikasi, Teknologi, dan Informatika di Kabul, Afghanistan, Sabtu (20/4/2019). REUTERS/Mohammad Ismail Foto: Reuters/Mohammad Ismail

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebut 7 orang yang tewas antara lain empat warga sipil dan tiga petugas kepolisian. Sementara itu, ada sekitar 2.800 pegawai kementerian yang harus dievakuasi, termasuk beberapa anak kecil yang tengah berada di pusat pengasuhan anak.

"Informasi yang kami miliki ada empat penyerang telah menempatkan diri mereka di dekat Kementerian Komunikasi, dan terlibat dalam pertempuran senjata dengan pasukan keamanan Afghanistan," jelas seorang pejabat keamanan di Kabul, Amanduddin Shariati, dilansir AFP.

Polisi juga sempat menutup area sekitar gedung. Sempat terjadi baku tembak antara pasukan keamanan dengan pelaku. Sekitar pukul 17.00 waktu setempat Kemendagri mengumumkan serangan telah berakhir.

Seorang wanita membawa anaknya usai insiden penyerangan Gedung Kementerian Komunikasi, Teknologi, dan Informatika di Kabul, Afghanistan, Sabtu (20/4/2019). REUTERS/Mohammad Ismail Foto: Reuters/Mohammad Ismail

Seluruh penyerang dipastikan tewas. Kepala Kepolisian Kabul, Jenderan Sayed Mohammad Roshan Dil, menyebut keempat penyerang mengenakan seragam polisi saat melancarkan aksinya. Pelaku disebut menargetkan sebuah kuil di dekat kementerian tersebut.

Tidak ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas penyerangan tersebut. Taliban juga membantah mereka terlibat dalam kejadian ini.

"Musuh-musuh Afghanistan telah melakukan serangan teroris. Sekali lagi, mereka menciptakan ketakutan dan telah membunuh atau melukai sejumlah warga tak berdosa," tulis pernyataan Istana Kepresidenan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21