kumparan
24 Mar 2019 12:48 WIB

Gerindra: Kiai Ma'ruf Orang Banten, tapi Warganya Dukung Prabowo-Sandi

Wakil Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, Ahmad Muzani, di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan. Foto: Mirsan Simamora/kumparan
Banten menjadi wilayah pertama bagi paslon 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, untuk kampanye akbar di Pilpres 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyakini Banten akan menyumbang suara terbesar lantaran daerah tersebut merupakan tanah kelahiran Ma'ruf.
ADVERTISEMENT
Namun, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Muzani, mengklaim hal sebaliknya. Menurut Muzani, data terakhir survei internal menunjukkan Prabowo-Sandi unggul dari Jokowi-Ma'ruf, bahkan suara yang diperoleh lebih besar dari Pilpres 2014.
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) bersama Sandiaga Uno (kanan) berbicara dalam acara silahturahmi Aliansi Pengusaha Nasional, di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (21/3). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
“Pokoknya lebih besar dari 2014. Jadi kami merasa optimisme meskipun problemnya adalah Kiai Maruf orang Banten. Tapi di lapangan menujukkan bahwa masyarakat Banten tetap memberikan kepercayaan besar pada Prabowo-Sandi,” kata Muzani usai menghadiri deklarasi ulama se-Jaksel di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Minggu (24/3).
Hal tersebut, kata Muzani, dibuktikan saat Prabowo-Sandi safari politik di Banten beberapa waktu lalu. “Pada Pak Prabowo-Sandi luar biasa. Itu dibuktikan dengan kunjungan Pak Sandi dua hari lalu di Pantai Utara Tangerang, luar biasa, Pak Prabowo di Serang juga luar biasa, dan beberapa kiai banyak memberikan support pada Prabowo,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Pernyataan Muzani sesuai dengan survei Litbang Kompas pada Maret 201. Prabowo-Sandi unggul di Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera. Namun meski unggul, untuk Banten, elektabilitas Prabowo-Sandi turun sekitar 2,5 persen. Pada survei Oktober 2018, Prabowo-Sandi berada di angka aman sekitar 50,2 persen, sedangkan Jokowi - Ma'ruf 39,3 persen.
Hari ini merupakan hari kedua safari Ma'ruf di Banten sejak Sabtu (23/3). Dia telah berkampanye di Jakarta Timur dan Kota Tangerang. Hari ini, Ma'ruf akan seharian kampanye di Serang.
Artis Raffi Ahmad bersama calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin menghadiri acara SantriFest dalam rangka berkampanye, di Serang, Banten. Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan
Kampanye akbar atau rapat umum di tempat terbuka dilakukan paslon Pilpres 2019 pada Minggu (24/3) hingga 13 April 2019. Jokowi-Ma'ruf mendapatkan zona B yang terdiri dari 17 provinsi di Indonesia. Zonasi akan berlaku dua hari, dan setiap setelah dua hari kampanye akbar, TKN dan BPN akan bertukar zonasi kampanye.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan