kumparan
16 Feb 2019 19:02 WIB

Gerindra - PKS Sepakat Bawa Tiga Nama Cawagub DKI ke DPP

Konpers usai pertemuan PKS-Gerindra. Foto: Andesta Herli/kumparan
PKS dan Gerindra sepakat segera bawa tiga nama cawagub DKI Jakarta ke DPP masing-masing partai. Hal itu diputuskan dalam pertemuan antara Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo dan Ketua DPD Gerindra DKI M. Taufik sore tadi.
ADVERTISEMENT
Kedua partai sepakat telah menentukan nama cawagub pengganti Sandiaga Uno yang mengundurkan diri untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2019. Nama-nama itu juga akan segera dibawa ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
"Hasil kesepakatan, di antaranya, yang pertama bahwa pengurus PKS dan Gerindra DKI Jakarta telah bersepakat menentukan calon wakil gubernur. Lalu kemudian insyaallah Senin nanti, 18 Februari 2019, akan berkonsultasi juga dengan gubernur," kata Syakir di Hotel Aryadhuta, Jakarta, Sabtu (16/2).
PKS dan Gerindra telah melakukan fit and proper test terhadap 3 kandidat cawagub. yaitu Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Ahmad Suhaimi. Syakir menyampaikan permohonan maaf kepada warga Jakarta karena kedua partai tidak bisa menyelesaikan penentuan nama cawagub tepat waktu. Namun ia menegaskan ketiga nama itu sudah diputuskan.
ADVERTISEMENT
"Kami pengurus partai di wilayah konsultasikan dengan DPP. Nanti ada surat yang harus ditandatangani DPW dan DPP. Terkait pengumuman kemarin (ada 2 kandidat hasil seleksi), yang benar adalah yang sekarang," ucap Syakir.
Pertemuan PKS-Gerindra sore ini, Hotel Aryaduta. Foto: Andesta Herli/kumparan
"Maaf dan mohon doanya, semoga prosesnya segera tuntas," lanjutnya.
Pada kesempatan itu, Taufik menjelaskan putusan mengenai tiga nama cawagub sudah sesuai mekanisme. Namun, hasil rekomendasi dari fit and proper test belum bisa disahkan jika tidak terlebih dahulu disampaikan kepada DPP untuk kemudian ditanda tangani.
"Jadi kami mengikuti mekanisme, oke, pakai fit and proper. Sesuai ketentuan bahwa DPP partai harus tanda tangani surat hasil rekomendasi fit and proper itu, kami DPW juga akan tandatangani. Jadi dua tanda tangan itu," jelas Taufik.
ADVERTISEMENT
Soal kapan tiga nama itu akan diserahkan ke DPP masing-masing partai, Taufik mengatakan akan dilakukan secepatnya. "Kalau kita ya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tapi mungkin setelah debatlah, biar juga lebih tenang," ujar dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan