kumparan
18 Sep 2019 19:33 WIB

Gibran Temui FX Rudy, Diskusi Syarat Pencalonan Walkot Solo dari PDIP

Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat bertemu dengan Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/9). Foto: kumparan
Anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Rabu (18/9).
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan itu, Gibran yang mengenakan kemeja berlukis sejumlah tokoh nasional membicarakan beberapa hal.
Gibran menemui Rudy, sapaan FX Hadi Rudyatmo, di Loji Gandrung. Dia berbicara empat mata secara tertutup selama sekitar 10 menit.
Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/9). Foto: kumparan
Usai pertemuan itu, Rudy mengatakan pertemuan dengan Gibran terkait dengan Pilwakot Solo. Salah satu yang jadi bahan pembicaraan adalah Gibran bertanya soal mekanisme pencalonan untuk maju di pilkada lewat PDIP.
"Saya bicara normatif saja dan memaparkan sekilas aturan partai soal mekanisme pencalonan cawali dan cawawali dari PDIP," kata Rudy.
Rudy menegaskan ada beberapa syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon peserta Pilkada 2020 yang diusung PDIP. Syarat utama harus memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP dan ada tesnya juga.
Gibran Rakabuming usai pertemuan dengan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
"Siapapun boleh daftar asal punya KTA PDIP. Keputusan rekomendasi cawali dan cawawali ada di tangan DPP PDIP," ujar Rudy.
Menanggapi pernyataan Rudy, Gibran memberikan isyarat akan memenuhi syarat utama itu. "Saya akan membuat (KTA). Namun, harus menunggu waktu yang tepat. Nanti saja ada wawancara lagi kalau waktunya sudah pas," ujar Gibran yang tampak malu-malu dan meninggalkan lokasi pertemuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan