Pencarian populer

Giliran Kiai NU Ancam Tarik Dukungan dari Ridwan Kamil

Ridwan kamil (Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra)

Para kiai dan Keluarga Besar Nahdatul Ulama (KBNU) akan menarik dukungan untuk bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, jika mengabaikan hasil telaah yang dilakukan para tokoh Jabar dalam menentukan calon wakilnya.

Para kiai di KBNU memang menjadi salah satu pihak yang memberikan masukan kepada Ridwan Kamil terkait nama cawagub terbaik. Namun belakangan rekomendasi yang diberikan seolah harus diamini.

"Saya dan para kiai mengamati proses penjaringan bakal calon wagub untuk Ridwan Kamil. Masukan para kiai langsung ke Pak Ridwan Kamil dan telaah tokoh Jabar harus menjadi pertimbangan," kata Rais PBNU, KH. Mustofa Aqil di Cirebon, dikutip dari Antara, Selasa (19/12).

KH Musthofa Aqil mengucapkan selamat kepada Maman Imanulhaq yang berdasarkan hasil telaah tim menempati tempat teratas mengunguli Saan Mustopa dan Uu Ruzhanul Ulum.

Wasekjen PKB Maman Imanulhaq (Foto: Fahrian Saleh/kumparan)

Hal senada disampaikan oleh dosen Institut Agama Islam dan STIE Latifal Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, Mahpudin, yang turut memberikan masukan ke Ridwan Kamil. Dia mengatakan Emil sebaiknya mengindahkan hasil telaah para tokoh Jabar. Sebab tim penelaah terdiri dari para tokoh yang kredibilitas dan integritasnya sudah teruji.

"Kalau pilihan Ridwan Kamil tidak rasional, mengabaikan masukan dari tokoh-tokoh Jabar, maka KBNU tidak akan pernah mendukung calon yang tidak memiliki kualifikasi kepemimpinan," kata Latifal.

Dia melanjutkan, selain hasil telaah, Emil juga harus mencermati hasil survei Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSID) yang memunculkan Maman Imanulhaq, sebagai pendamping Ridwan Kamil.

"Ridwan Kamil supaya segera menentukan cawagubnya, agar KBNU segera berkonsolidasi dan membuat gerakan sistematis masif untuk memenangkannya," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, ada dua kandidat kuat yang sedang ditimang oleh Ridwan Kami sebagai cawagub yaitu Maman Imanulhaq (PKB/NU) dan Uu Ruzhanul Ulum (PPP). Baik PPP maupun PKB mengatakan akan menarik dukungan jika kadernya tak dipilih sebagai cawagub.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57