Pencarian populer
Politik

Golkar soal Syafruddin Jadi MenPAN RB: Pengalaman Sudah Sangat Mumpuni

Pelantikan Syafruddin Sebagai MenPAN-RB oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018). (Foto: Biro Pers Setpres)

MenPAN RB resmi dijabat oleh Syafruddin. Menurut Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Syafruddin adalah sosok yang tepat menjabat MenPAN RB karena memiliki pengalaman yang mumpuni saat menjabat Wakapolri.

"Pengalaman beliau sebagai Wakapolri untuk menduduki jabatan itu (MenPAN RB) sudah sangat mumpuni. Karena salah satu tugas seorang Wakapolri ya mengatur Direktur SDM. Kira-kira kalau kita bawa bernegara ya sama. Cuma lingkupnya lebih besar lagi," ujar Lodewijk di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (15/8)

Lodewijk Freidrich Paulus (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)

Menurut Lodewijk, Presiden Jokowi telah memperhitungkan secara matang kompetensi Syafruddin sebagai MenPAN RB, karena berbagai pengalaman Syafruddin selama ini.

"Kalau Pak Jokowi sudah memilih beliau (Syafruddin), berarti beliau (Jokowi) sudah menghitung kompetensinya," jelasnya.

Lodewijk juga menepis anggapan bahwa Jokowi terlalu mengistimewakan kepolisian untuk menduduki jabatan politik. Lodewijk optimistis Syafruddin dapat menyelesaikan tugas MenPAN RB tepat waktu hingga Pilpres 2019.

"Ini kan kira-kira sampai akhir jabatan Pak Jokowi, ya itu lah untuk membantu. Dicarilah figur yang memang sudah paham tentang SDM. Pak Jokowi menunjuk sosok Wakapolri, saya pikir sudah tepat," pungkasnya.

Asman Abnur (Foto: Dok. Kemenpan)

Posisi MenPAN RB kosong setelah politikus PAN Asman Abnur mundur, karena PAN tak mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Mengaku legawa Asman mundur sebagai MenPAN-RB. Menurutnya, jika terus bertahan di pemerintahan Jokowi maka dapat membebani Jokowi.

Sementara, posisi Wakapolri yang sebelumnya dijabat Syafruddin hingga kini masih kosong. Santer dikabarkan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz yang akan mengisi jabatan itu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan Jokowi sebelum menentukan sosok Wakapolri pengganti Syafruddin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: