kumparan
21 Apr 2019 8:21 WIB

Gunung Agung Erupsi, BPBD Bagi-bagikan Masker ke Warga

Gunung Agung Meletus Foto: Dok. BNPB
Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4) sekitar 03.21 WITA. Akibatnya, hujan abu Gunung Agung terpapar di sejumlah Kabupaten di Bali. Yakni, Kabupaten Badung, Denpasar, Klungkung, Gianyar dan Bali.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan, BPBD Kota Denpasar mulai membagikan masker kepada masyarakat di Pasar Penatih dan Lapangan Renon. Masker juga diberikan di Lapangan Puputan, Kabupaten Klungkung, dan sejumlah titik terbuka lainnya.
Kepala BPBD Kota Denpasar IB Joni Arimbawa juga mengimbau agar masyarakat menyediakan masker di rumah masing-masing. Ini untuk antisipasi keadaan lebih lanjut. "Kami juga mengimbau warga untuk menyediakan masker," kata dia, Minggu (21/4).
Suasana Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi. Foto: Dok. Istimewa
Sementara itu, menurut informasi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebut erupsi terjadi selama 2 menit 55 detik. Tinggi kolom abu teramati hingga 5 kilometer.
"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 55 detik," demikian isi laman web PVMBG.
Suasana Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi. Foto: Dok. Istimewa
Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan aktivitas warga berjalan normal. Begitu juga aktivitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai terpantau aman untuk penerbangan.
ADVERTISEMENT
"Aktivitas car free day di lapangan Puputan Klungkung dan seputaran perempatan Agung berjalan normal. BPBD telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat,"ujar Sutopo.
Suasana Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi. Foto: Dok. Istimewa
"Bandara Internasional IGK Ngurah Rai beraktivitas normal. Tidak ada pengaruh dari erupsi Gunung Agung. Semua penerbangan normal," lanjutnya.
Gunung Agung masih berada level III atau siaga. Masyarakat diimbau untuk tak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah gunung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan