Pencarian populer

Guru Spiritual India Divonis Seumur Hidup karena Memperkosa

Asaram Bapu. (Foto: AFP/Sam Panthaky)

Seorang guru spiritual di India divonis penjara seumur hidup atas kasus perkosaan gadis di bawah umur. Vonis ini dikhawatirkan akan memicu kerusuhan oleh para pengikutnya yang jumlahnya jutaan di negara itu.

Diberitakan AFP, vonis dijatuhkan terhadap Asaram Bapu di pengadilan negara bagian Rajashtan pada Rabu (25/4). Sebelumnya pengadilan telah puluhan kali menolak pembebasan dengan jaminan terhadap guru berusia 77 tahun itu.

"Asaram divonis penjara seumur hidup hingga meninggal dunia. Dan dua terdakwa lainnya, termasuk seorang wanita, divonis penjara 20 tahun," kata Rajendra Singh, pengacara pembela Asaram kepada AFP.

Asaram adalah seorang guru spiritual yang sangat terkenal. Memulai kariernya sejak tahun 1970-an, ayah dua anak ini kini memiliki jutaan pengikut di seluruh India, termasuk para politisi. Sedikitnya ada 400 kuil atau ashram di India yang didirikannya.

Asaram dipenjara sejak September 2013 setelah tuduhan perkosaan terhadap dirinya mengemuka. Dakwaan perkosaan terhadap dirinya disampaikan di dalam penjara Jodhpur, bukan di pengadilan, karena takut amukan dari pengikutnya.

Asaram Bapu. (Foto: AFP)

Dia terbukti bersalah telah memperkosa seorang pengikutnya, gadis 16 tahun, pada 2013. Ketika itu, gadis tersebut mendatangi Asaram di kuilnya di Jodhpur untuk meminta dilakukan pengusiran setan di dalam tubuhnya.

Tapi bukannya mengobatinya, Asaram malah memperkosa gadis tersebut. Menurut laporan kepolisian, Asaram memaksa gadis itu melakukan oral seks sebelum memperkosanya.

Berdasarkan Undang-undang Perlindungan Anak dari Kejahatan Seksual India (POCSO), pelaku kejahatan ini terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup, minimal 10 tahun.

Menurut Reuters, aparat keamanan di empat negara bagian - Rajasthan, Gujarat, Uttar Pradesh, and Haryana - dalam keadaan siaga tinggi menyusul vonis terhadap Asaram. Aparat khawatir akan ada kerusuhan yang dipicu oleh kemarahan para pengikutnya.

Guru spiritual dianggap sosok yang suci di India oleh banyak pengikutnya. Tahun lalu, para pengikut Gurmeet Ram Rahim mengamuk setelah guru spiritual itu didakwa atas kasus perkosaan. Lebih dari 30 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Asaram Bapu. (Foto: AFP/Sam Panthaky)

Vonis terhadap Asaram dijatuhkan di tengah kemarahan publik India atas perkosaan massal dan pembunuhan anak-anak di beberapa kota dalam sebulan terakhir.

Pada 2012, menurut Biro Pencatatan Kriminal Nasional India (NCRB) ada 25 ribu kasus perkosaan di negara itu per tahun. Pada pencatatan terakhir 2016, jumlahnya malah meningkat menjadi 40 ribu. Artinya, ada sekitar 106 perkosaan per hari di India.

Menurut data NCRB, 95 persen pelaku dalam kasus perkosaan adalah orang yang dikenal korban, misalnya tetangga, anggota keluarga, kerabat dekat, atau bahkan guru spiritual.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: