Pencarian populer

Hanya TPU Tegal Alur yang Masih Punya Lahan Kosong di Jakarta Barat

Tempat Pemakaman Muslim di TPU Joglo. (Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan)
Persoalan langkanya lahan kosong di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta bukanlah cerita baru. Di Jakarta Barat misalnya, TPU Joglo sudah tak memiliki lahan kosong untuk membuat pemakamam baru.
ADVERTISEMENT
Dari 11 TPU yang ada di Jakarta Barat, hanya satu yang masih bisa membuat makam baru. Hal ini dikarenakan lahan kosong untuk pemakaman sudah tidak ada. Satu-satunya TPU yang tersedia lahan yang luas di Jakarta Barat, yakni TPU Tegal Alur.
Pengawas TPU Joglo, Irvin Tangi Maeru mengatakan setiap kali ada permintaan untuk membuat makam baru di TPU Joglo pasti akan dialihkan ke TPU Tegal Alur.
“Permintaan makam baru pasti kita alihkan ke TPU Tegal Alur. Soalnya di Tegal Alur masih bisa makam baru kita arahkan ke sana semua. Di wilayah barat tinggal Tegal Alur doang yang bisa baru, lainnya sudah enggak bisa baru,” ujar Irvin pada kumparan, di TPU Joglo, Jumat (13/7).
ADVERTISEMENT
Tempat pemakaman Kristen di TPU Joglo. (Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan)
Irvin mengatakan tiga TPU lainnya yang berada di bawah pengawasannya keadaannya sama seperti di TPU Joglo. Tanah kosong sudah tidak ada dan pemakaman jenazah ditumpangkan di makan sanak saudara yang bersangkutan.
Irvin menjelaskan meskipun TPU sudah penuh, tapi biasanya di beberapa wilayah ada warga yang mewakafkan tanahnya untuk menjadi pemakaman.
“Kalau tanah wakaf masih banyak,” ujar Irvin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81