Pencarian populer

Hasil Rekap KPU Maluku Utara: Jokowi 48,40%, Prabowo 51,60%

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo -Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, berbincang usai pengundian nomor urut Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Jumat (21/9). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

KPU Maluku Utara telah menyelesaikan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di 10 kabupaten/kota. Proses ini berjalan lebih cepat dari perkiraan karena seluruh kabupaten/kota menyelesaikan rekap tepat waktu.

Dilansir Antara, Sabtu (11/5), berdasarkan hasil rapat pleno, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 305.389 suara atau 48,40 persen. Sementara pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraup 343.016 suara atau 51,60 persen.

Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat, mengatakan pihaknya akan membawa hasil pleno rekap tersebut ke KPU RI pada Minggu, 12 Mei .

"Sedangkan, peraih suara terbanyak akan ditetapkan seusai pleno penetapan tanggal 22 Mei oleh KPU Pusat. Dan kalau ada gugatan dari partai politik atas hasil di KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka KPU akan menunggu hingga adanya putusan dari MK tersebut," kata Pudja.

Pudja menyatakan, selama pelaksanaan pleno rekap suara, muncul berbagai dinamika dari KPU Halmahera Barat, Pulau Morotai, Kepulauan Sula, Halmahera Utara, dan Kota Ternate. Namun, permasalahan didominasi oleh internal partai politik, dan dapat diselesaikan dengan baik.

Ia juga mengapresiasi seluruh penyelenggara pemilu mulai dari tingkat bawah hingga atas yang menyelesaikan pleno perhitungan dengan tuntas.

Untuk suara DPR RI, caleg PDIP Irine Yusiana Roba Putri mendapatkan suara terbanyak dengan 65.199. Lalu disusul caleg Partai Golkar yakni Alien Mus dengan 45.036 suara, dan caleg NasDem Achmad Hattari yang meraih 40.680 suara.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53