kumparan
21 Mar 2019 11:21 WIB

Heboh Cahaya di Gunung Agung, PVMBG Minta Warga Bali Tenang

Kawah Gunung Agung. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah warganet di Bali dibuat geger atas video rekaman sebuah cahaya yang mirip ledakan di atas puncang Gunung Agung pada Rabu (20/3) sekitar pukul 00.20 WITA.
ADVERTISEMENT
Peristiwa itu semakin heboh lantaran ada sejumlah warga sedang menggelar upacara keagamaan di Pura Besakih, Karangasem. Pura Besakih terletak sekitar 7 kilometer dari Gunung Agung.
Kepala Sub Bidang Kepala Subbidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana menjelaskan cahaya itu adalah kilatan petir. Petir itu terjadi karena Bali dilanda musim penghujan.
"Itu petir ya. Petir bisa terjadi di mana saja, sarannya kalau cuaca hujan atau mendung sebaiknya berada di dalam rumah atau ruangan," kata dia saat dihubungi kumparan, Kamis (21/3).
Dia pun meminta warga Bali untuk tetap tenang. "Oiya, tetap tenang, ini hal biasa yang terjadi di gunung api, bukan hanya di Gunung Agung loh yah," ujar dia.
ADVERTISEMENT
Syahbana mengatakan pada Kamis pagi, Gunung Agung juga sempat erupsi sekitar pukul pukul 00:18 WITA. Namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi ± 1 menit 47 detik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan