Pencarian populer

Ibu di Polandia Melahirkan Bayi Prematur Kembar Enam

Salah satu dari bayi kembar enam di Polandia. Foto: Reuters/Agencja Gazeta/Adrianna Bochenek

Seorang ibu di Polandia melahirkan bayi kembar enam secara prematur, yang pertama di negara itu. Dalam operasi sesar, tim dokter tidak menduga jumlah bayinya ada enam.

Diberitakan Reuters, Rabu (22/5), kelahiran ini terjadi di rumah sakit di kota Krakow pada Senin lalu. Dalam pemeriksaan sebelumnya, bayi dalam rahim ibu bernama Klaudia Marzec itu berjumlah lima, tapi ternyata ada enam.

"Bayangkan saja, kami telah bersiap sejak pagi hari untuk membantu kelahiran lima warga kecil baru. Kami sudah ada di ruang operasi, ada lima tim dokter siap menangani lima anak," kata Dr. Ryszard Lauterbach, kepala Klinik Neonatalodi di University Hospital, Krakow.

"Mereka dilahirkan satu per satu sampai lima tempat terisi. Lalu tiba-tiba ada satu bayi lagi yang menunggu di dalam," lanjut dia.

Perawatan bayi kembar enam di RS Polandia. Foto: Reuters/Agencja Gazeta/Adrianna Bochenek

Dia mengatakan, bayi-bayi itu dilahirkan secara sesar dalam keadaan prematur di usia kehamilan 29 minggu. Kehamilan prematur untuk bayi kembar lebih dari dua adalah hal yang wajar.

Menurut Lauterbach, kondisi bayi-bayi itu "secara mengejutkan baik" untuk ukuran kembar enam. Namun bayi-bayi itu, lanjut dia, sistem pernapasan dan sarafnya belum sempurna.

Diperkirakan bayi-bayi itu masih akan mendapatkan perawatan di rumah sakit hingga berusia 2 atau 3 bulan.

Marzec mengatakan telah memberikan nama untuk anak-anak barunya itu, yakni Filip, Tymon, Zofia, Kaja, Nela dan Malwina.

"Kami telah melakukan persiapan di rumah untuk lima anak, jadi sekarang kami harus sedikit melakukan penyesuaian," kata Marzec.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60