• 10

Ijtima Ulama Rekomendasikan Prabowo, Salim Segaf dan UAS Maju Pilpres

Ijtima Ulama Rekomendasikan Prabowo, Salim Segaf dan UAS Maju Pilpres


Prabowo, Zulkifli Hasan dan Salim Segaf di acara Ijtima Ulama GNPF

Prabowo, Zulkifli Hasan dan Salim Segaf di acara Ijtima Ulama GNPF (Foto: Ricad Saka/kumparan)
Ijtima Ulama yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) sejak Jumat (27/7), telah selesai digelar. Di antara hasilnya merekomendasikan 3 nama yang diusung ulama untuk maju di Pilpres 2019.
Dalam naskah rekomendasi yang diperoleh, Minggu (29/7), rapat pleno terakhir ijtima ulama digelar malam tadi yang dipimpin oleh KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i. Sebelum rapat pleno, peserta Ijtima dibagi menjadi empat komisi: Politik, ekonomi, dakwah dan lembaga dan organisasi.
"Untuk kepemimpinan nasional, peserta Ijtima Ulama dan tokoh nasional sepakat untuk merekomendasikan: (1) Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto, (2) Al Habib Dr. H. Salim Segaf Al-Jufri, (3) Ust. Abdul Somad Batubara, Lc., MA, sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk didaftarkan ke KPU oleh Partai Koalisi Keumatan dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019," bunyi poin rekomendasi ijtima ulama.
Ketiga nama itu tidak disebut posisinya sebagai capres maupun cawapres, sehingga keputusan ada di tangan partai politik yang tergabung dalam koalisi keumatan yaitu Gerindra, PKS, PAN, dan PBB untuk menentukan komposisinya.

Poster Prabowo Subianto-Ustaz Abdul Somad

Poster Prabowo Subianto-Ustaz Abdul Somad (Foto: Dok. Istimewa)
Rekomendasi 3 nama kandidat di Pilpres 2019 ini bersifat mengikat bagi seluruh peserta Ijtima Ulama untuk memberikan dukungan, selain itu Ijtima juga mewajibkan peserta untuk menyosialisasikan hasil rekomendasi ini ke seluruh umat Islam Indonesia.
"Dan menyatakan mandat kepada Ketua Dewan Pembina GNPF Ulama Habib Rizieq Syihab untuk mengambil keputusan atas dinamika yang berkembang dalam proses pemilihan presiden 2019," lanjut rekomendasi Ijtima.
Ijtima Ulama diikuti oleh 600 ulama dan tokoh nasional dari seluruh provinsi di Indonesia. Dibuka oleh Ketua Dewan Pembina GNPF Ulama Habib Muhammad Rizieq Syihab melalui rekaman suara. Hadir dalam pembukaan sejumlah ulama tokoh, yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS M. Sohibul Iman, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Suharto).
Meski tidak ada rekomendasi komposisi nama capres-cawapres, namun beredar dua poster di forum Ijtima Ulama, yaitu Prabowo-UAS, dan Prabowo-Salim Segaf.

Poster Prabowo Subianto-Salim Segaf

Poster Prabowo Subianto-Salim Segaf (Foto: Dok. Istimewa)


NewsPolitikPrabowo SubiantoIjtima UlamaPilpres 2019

presentation
500

Baca Lainnya